Pelatihan Penggunaan Sistem Aplikasi Layanan Prima Desa Suka Rahmat, Teluk Pandan, Kutai Timur

  • Noor Alam Hadiwijaya sistem informasi
  • Muhammad Farman Andrijasa Politeknik Negeri Samarinda
  • Bambang Cahyono Politeknik Negeri Samarinda
  • Ahmad Rofiq Hakim Politeknik Negeri Samarinda
  • Irwansyah Irwansyah Politeknik Negeri Samarinda
  • Agus Triyono Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 137 , Fulltext downloads: 102
Keywords: Suka Rahmat, Website, Layanan Prima

Abstract

Permasalahan utama desa Suka Rahmat adalah profil desa dan potensi yang dimiliki desa Suka Rahmat belum terpublikasi secara terstruktur selain itu proses pelayanan kepada masyarakat masih dilakukan secara konvensional, keberadaan teknologi informasi sebagai garda terdepan dalam optimalisasi pemberian layanan prima kepada masyarakat belum termaksimalkan. guna mengatasi permasalahan tersebut, tim mengembangkan website desa Suka Rahmat serta mengembangkan sistem aplikasi pelayanan prima untuk kemudikan memberikan pelatihan kepada staf desa, ketua RT serta warga masyarakat Suka Rahmat untuk proses penggunaan kedua aplikasi tersebut. dampak dari diimplementasikanya kedua aplikasi tersebut maka diperoleh manfaat, Masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dan tidak harus datang ke kantor desa untuk pendapatkan pelayanan, Waktu pelayanan menjadi lebih pendek dan tidak ada lagi penumpukan antrian, Warga desa Suka Rahmat yang membutuhkan surat pengantar ataupun surat keterangan bisa dilakukan dimana saja karena sistem berbasis online, serta Implementasi protokol Kesehatan sebagai antisipasi dari penyebaran pandemic Covid-19 dapat lebih maksimal.

References

[1]. Soegiarto, Eka C.Kirana, Bahar. 2018. Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Pada Kantor Kelurahan Guntung Paikat Banjarbaru. Prosiding SNRT (Seminar Nasional Riset Terapan) Politeknik Negeri Banjarmasin. 7 November 2018
Published
2022-10-23
Section
Articles