Pendampingan Penyusunan Harga Pokok Produksi dan Pengelolaan Keuangan bagi Pelaku UMKM “Win Bakery” di Samarinda

  • Makmur Politeknik Negeri Samarinda
  • Sabri Nurdin Politeknik Negeri Samarinda
  • Rifadin Noor Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 89 , Fulltext downloads: 91
Keywords: pengabdian, pelatihan, pendampingan, harga pokok produksi

Abstract

Kegiatan pengabdian ini memiliki dua tujuan, yaitu (1) memberikan pemahaman kepada para pelaku UMKM di Samarinda tentang arti pentingnya menghitung harga pokok produksi dan melakukan pencatatan ke dalam jurnal dengan benar, (2) memberi pelatihan dan mendampingi pelaku UMKM agar mampu menghitung harga pokok produksi dengan benar.

Berdasarkan komunikasi awal dengan calon mitra diperoleh informasi tentang masalah yang dihadapi pelaku UMKM di Samarinda yaitu belum dipahaminya manfaat perhitungan harga pokok produksi sehingga mereka umumnya tidak melakukan perhitungan harga pokok produksi. Mereka menetapkan harga jual berdasarkan harga di pasaran, sehingga mereka tidak dapat menghitung berapa laba/rugi sebenarnya dari kegiatan usaha mereka.

Solusi yang ditawarkan untuk memecahkan masalah tersebut adalah memberikan pelatihan dan pendampingan dalam perhitungan harga pokok produksi. Metode kegiatan yang digunakan dalam pengabdian ini adalah (1) ceramah untuk menyampaikan konsep perhitungan harga pokok produksi dan pencatatan dalam jurnal dan (2) kasus untuk memberikan contoh praktik menghitung harga pokok produksi, serta (3) melakukan pendampingan di lapangan. Berdasarkan hasil evaluasi terhadap kegiatan, diperoleh informasi tingkat pemahaman pemilik Usaha terhadap materi yang diberikan sebesar 65%. Selanjutnya Tim pengabdian melakukan pendampingan di lapangan

References

Bahri, R., & Rahmawaty. (2019). Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi dalam Menentukan Harga Jual Produk (Studi Empiris pada UMKM Dendeng Sapi di Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 4(2), 344- 358.

Daldjono. (2011). Akuntansi Biaya. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.

Herawaty, N., & Mansur, F. (2019). PPM Perhitungan Harga Pokok Produksi Untuk Efisiensi Biaya Produksi Pada Industri Tahu di Kecamatan Jaluko Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(1), 15-21.

Macpal, B., Morasa, J., & Tirayoh, V. (2014). Analisis Perhitungan Harga Pokok Penjualan Barang Produksi pada Jepara Meubel di Kota Bitung. Jurnal EMBA, 2(3), 1495-1503.

Maghfirah, M., & BZ, F. S. (2016). Analisis Perhitungan Harga Pokok Produksi Dengan Penerapan Metode Full Costing pada Umkm Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi (JIMEKA), 1(2), 59-70.

Mukhzarudfa, & Kusumastuti, R. (2019). Praktik Akuntansi Keuangan Usaha Perajin Batik Di Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 3(2), 239-248.

Nurlela, & Rangkuti, C. (2017). Analisis Perbandingan Metode Penentuan Harga Pokok Produksi pada CV. Satu Angin Persada. Jurnal Bisnis Administrasi, 06(01), 69- 72.

Pandini, R. I., & Nurchayati. (2018). Evaluasi Penentuan Harga Pokok Produksi. CV Lira Pratama Semarang.
Published
2023-04-30
Section
Articles