Penguatan Bisnis Melalui Pengembangan Konten Digital di Mekarsari
Abstract
UMKM berperan sebagai penggerak tumbuhnya ekonomi Kota Surabaya. Salah satu UMKM yang bertahan selama dan setelah pandemi Covid-19 adalah Toko Mekarsari. Toko Mekarsari adalah UMKM tanaman hias yang berada di Surabaya. Setelah tiga tahun berpindah lokasi ke Sentra Pasar Bunga Tenggilis, pemilik usaha membutuhkan perluasan pemasaran, karena lokasi baru masih belum cukup dikenal. Salah satu cara untuk memperluas pemasaran adalah menerapkan digital marketing. Penerapan digital marketing membutuhkan konten digital, baik berupa foto, video, maupun data persediaan. Program ini dilakukan untuk memberi pelatihan dan pendampingan kepada Toko Mekarsari dalam rangka pengembangan konten digital. Hasil kegiatan adalah berupa kumpulan dokumentasi data dan foto, serta peningkatan keterampilan dokumentasi.
References
Herhausen, D., Miocevic, D., Morgan, R. E., & Kleijnen, M. H. P. (2020). The Digital Marketing Capabilities Gap. Industrial Marketing Management, 90, 276–290.
Hermawati, A., Fettry, S., & Suhermin. (2021). Understanding Digital Trends in Marketing Agribusiness Products: Critical Analysis of International Publications. International Journal of Business, Economics & Management, 4(1), 165–173. https://doi.org/https://doi.org/10.31295/ijbem.v4n1.1455
Vasumati, P., & Arun, C. J. (2021). Adoption of Digital Marketing in Agribusiness: A Conceptual Study. Academy of Marketing Studies Journal, 25(3), 1–6.
Widarti, P. (2022, July 31). Transaksi Platform UMKM E-Peken Surabaya Capai Rp 19,2 Miliar. Bisnis.Com. https://surabaya.bisnis.com/read/20220731/531/1560884/transaksi-platform-umkm-e-peken-surabaya-capai-rp192-miliar
Www.surabaya.go.id. (2022, March 12). Dari Program UMKM hingga Padat Karya, Strategi Walikota Eri Cahyadi Bangkitkan Ekonomi Surabaya. https://www.surabaya.go.id/id/berita/65672/dari-program-umkm-hingga-padat