Pelatihan Strategi Pemasaran di Era Digital pada UMKM Binaan Kelurahan Sungai Keledang Kecamatan Samarinda Seberang

  • Della O.C. Kalangit Politeknik Negeri Samarinda
  • Dyah Kusrihandayani Politeknik Negeri Samarinda
  • Satryawati Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 79 , Fulltext downloads: 64
Keywords: strategi pemasaran, digitalisasi, UMKM

Abstract

Beberapa kendala yang biasanya ditemui dalam pemasaran usaha kecil yaitu tidak terdeteksinya produk-produk unggulan dari kelompok UMKM binaan keluarahan Sungai Keledang dan kurangnya pemanfaatan teknologi berbasis website pada proses promosi dan periklanan produk. Hal ini disebabkan banyak pengusaha-pengusaha kecil yang tidak terlalu memperhatikan aspek-aspek pemasaran serta kurang melakukan perencanaan dalam pemasaran tersebut, sehingga pemasaran tidak memberikan hasil yang baik dan target pasar yang terlalu lebar. Pelatihan ini dilaksanakan untuk membuka wawasan strategi digital marketing agar dapat menarik minat pelanggan secara online melalui media sosial, situs website. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan semangat dan antusias peserta menerima pengetahuan baru, serta menemukan solusi untuk mengatasi masalah mereka hadapi selama ini dan menjadi kendala dalam pertumbuhan dan pengembangan usaha, terutama terkait dengan strategi pemasaran. Kegiatan Pelatihan ini cukup bermanfaat karena merupakan kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan ketetrampilan dalam rangka meningkatkan semangat kerja untuk pertumbuhan dan mengembangkan usaha mereka.

References

Akdon, Dr . 2006.Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan. Alfabeta, Bandung,.

Alam, Buchari. 2007. Pemasaran Strategik Jasa Pendidikan CV. Alfabeta, Bandung.

Anonim. 2016. Panduan Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat, Edisi X. Kemenristekdikti. Jakarta.

Craig, I. Robert. L. 1976:19-2. Training and development Handbook: A Guide to Human Resources Development.HF5549.

David W. Cravens.1982. Strategic Marketing, Richard D. Irvin, Inc.

Dugan. L, Peter R. Scleger. 1985. Approaches to Training and Development, Second Edition. Addison-Wesley Publishing Company Rosset.

Kasali, R. 2011. Cracking Zone. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Kingsnorth, S. 2016. Digital Marketing Strategy: An Integrated Approach to Online Marketing. Philadelphia: Kogan Page.

Kotler, P. and G. Armstrong. 2004. Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan. Jakarta:Penerbit Indeks.

Kotler, P. 2005. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Media Group.

Lupiyoadi, Rambat. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa (Teori dan Praktek), Salemba Empat, Jakarta.

Purwanto, I. 2008. Manajemen Strategi. Bandung: CV Ryama.

Sanjaya, R., dan Tarigan, J. 2009. Creative digital marketing: teknologi berbiaya murah, inovatif, dan berdaya hasil gemilang. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Tjipto, Fandy. 2001. Strategi Pemasaran, Ed.2. Cet.5, Yogyakarta, Andi
Published
2023-04-30
Section
Articles