Pengenalan Proses Mendesain Mebel di SMKN 1 Sangasanga Kabupaten Kutai Kartanegara

  • Rony H Politeknik Negeri Samarinda
  • Dwi Cahyadi Politeknik Negeri Samarinda
  • Hertina Susandari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
Abstract views: 73 , Fulltext downloads: 59
Keywords: furniture design, vocational high school

Abstract

Jenjang pendidikan SMK merupakan salah satu pendidikan vokasi di tingkat menengah atas yang mengajarkan keahlian bagi siswanya sesuai kompetensi yang sudah ditentukan. Dengan demikian, pendidikan SMK mempersiapkan siswanya untuk memiliki keterampilan dan keahlian yang siap kerja dikarenakan proses belajar prakteknya yang lebih banyak dibanding teori. Program studi Teknik Bisnis Konstruksi dan Properti (TBKP) merupakan salah satu bidang keahlian yang ada di SMK. Dalam hal ini materi yang salah diajarkan salah satunya adalah menggambar produk. Oleh karena itu, ada beberapa materi belajar menggambar dan membuat produk diantaranya konstruksi perkayuan dan mebel. Dengan pertimbangan inilah perlu bagi Program Studi Desain Produk Kayu dan Serat melaksanakan kegiatan di prodi ini karena dianggap disiplin ilmunya ada kesamaan dan kesesuaian, sehingga dapat dikenalkan lebih dini kepada siswa SMK khususnya prodi TBKP terkait pengetahuan proses desain mebel. Melalui hasil dari kegiatan ini, siswa mengetahui dan mengenal proses dari mendesain mebel yang baik, mulai dari proses perencanaan desain hingga pembuatan produk, yang mana dapat pula dijadikan bekal untuk berkarya di dunia industry permebelan.

References

Cinthya, A., & Kusuma, H. B. 2018. Meningkatkan Kreativitas Seni Melalui Pelatihan Membuat Karya dengan Memanfaatkan Botol Plastik Bekas. Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2, 7. doi:http://dx.doi.org/10.30813/jpk.v2i1.1129

Ching, Francis D.K. 2013. Grafik Arsitektur, penerbit Erlangga, Jakarta.

Enget, Fudail, B. S., Lazim, M., Karyono, S., Sudarmanto, E., Wibowo, E., Gunawan. 2008. Kriya Kayu Untuk SMK (Vol. 2). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan.

Handayani, E. S., Wijaya, I. P., & Lestariningrum, A. .2021. Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Melukis Memanfaatkan Bahan Bekas. PERNIK Jurnal PAUD, 4, 12. doi:http://dx.doi.org/10.31851/pernik.v4i2.5338

Jamaludin. 2014. Pengantar Desain Mebel, Penerbit Kiblat Buku Utama, Bandung.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Gambar Konstruksi Bangunan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.

Kristianto, M. Gani. 1999. Konstruksi Perabot Kayu, Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Kristianto, M. Gani, 1993. Teknik Mendesain Perabot Yang Benar. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

Siregar, P. S., Sihite, O., & Erdansyah, F. 2019. Analisis Karya Tulis pada Botol Kaca Bekas dengan Menerapkan Ornamen Sumatera Utara oleh Siswa Kelas XI SMAS Al-Washliyah Pasar Senen Medan T.A 2018/2019 Ditinjau dari Prinsip-prinsip Desain. Gorga Jurnal Seni Rupa, 8, 9. doi:https://doi.org/10.24114/gr.v8i1.12652

Sholahuddin, M. .2014. Proses Perancangan Desain Mebel, Badan Penerbit ISI Yogyakarta., Yogyakarta.
Published
2023-04-30
Section
Articles