Peningkatan Kemampuan Guru dalam Melaksanakan Kurikulum Berbasis Lingkungan dengan Kearifan Lokal melalui Reading Worksheet
Abstract
Peningkatan kemampuan guru dalam melaksanakan kurikulum berbasis lingkungan dengan kearifan lokal melalui reading worksheet di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 008 Samarinda Ilir adalah kegiatan yang dilakasanakan oleh tim penulis yang hadir sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh SDN 008 Samarinda Ilir yang membutuhkan penguatan terhadap implementasi kurikulum berdasarkan pada pelestarian lingkungan dan berkearifan lokal. Adapun untuk menjawab permasalahan terhadap penguatan implementasi kurikulum tersebut dapat dilakukan dengan Menyusun bahan ajar yang sesuai. Salah satu bahan ajar adalah worksheet. Lebih lanjut lagi worksheet yang disusun berfokus pada kegiatan membaca untuk membantu guru meningkatkan minat baca dan melatih kemampuan membaca siswa. Sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah untuk merancang reading worksheet berdasarkan pada pelestarian lingkungan dan berkearifan lokal dan melatih guru untuk menggunakannya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dan demonstrasi. Hasil dari kegiatan ini adalah prototipe reading worksheet berdasarkan pada pelestarian lingkungan dan berkearifan lokal, peningkatan kemampuan 25 guru SDN 008 Samarinda Ilir.
References
Ratri, S. Y. (2016). School Factors Influencing Indonesian Student Reading Literacy based on PIRLS Data 2006 and 2011. PROSIDING ICTTE FKIP UNS 2015, 1(1), 967–981.
Yamin, M., Jamaluddin, Syukur, A., & Khairuddin. (2019). Meningkatkan Kemapuan Guru Menerapkan Kurikulum Berbasis Komptensi Di Pondok