Upaya Meningkatkan Produksi Pakan Ternak Kambing dan Sapi di Desa Sidomulyo Samarinda

  • Ruspita Sihombing Politeknik Negeri Samarinda
  • Anni Fatmawati Politeknik Negeri Samarinda
  • Rakhel Lia Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 127 , Fulltext downloads: 89
Keywords: Pelatihan, Mesin Pencetak, Limbah Market, Limbah Pertanian

Abstract

Kelompok Pemuda Tani Mandiri selain bertani mereka juga sebagai peternak kambing dan sapi,  Ketika musim kemarau persediaan rumput dan daun-daunan hijau semakin hari makin sulit mencarinya. Sehingga untuk mencukupkan kebutuhan pakan ternak Kelompok Pemuda Tani Mandiri melakukan mengolah limbah market (limbah susu bubuk dan susu cair) dan limbah pertanian (limbah hijauan) dicampur dengan tepung tapioca/sagu, garam kasar, molases dan dedak menjadi adonan dan dibentuk bulat atau kotak. Permasalahannya adalah proses mencetak masih menggunakan plat besi/ pipa bekas yang dibentuk menjadi bulat dan kotak dengan tangan, sehingga hasil cetakan   masih sedikit 7 buah/jam, selain produktivitasnya sedikit juga melelahkan dan membosankan. Guna mengatasi hal tersebut, dibutuhkan mesin pencetak  pakan ternak. Tujuannya adalah produktivitasnya meningkat, mempermudah kerja dari para petani   dan tidak membosankan. Metode yang digunakan dalam penyuluhan dan pelatihan ini adalah dengan cara mendemonstrasikan cara menggunakan mesin pencetak dan cara merawatnya.  Kelompok Pemuda Tani Mandiri mempunyai peran dalam penyediaan limbah susu bubuk, susu cair, limbah pertanian (hijauan) dan campuran yang lainnya serta mengikuti demonstrasi penggunaan Mesin. Tim pengabdi juga menghibahkan mesin pencetak pakan ternak kambing dan sapi kepada mitra.

References

Anugrah, R. A., & Ramadhan, C. S. 2019. Pengolahan Limbah Jagung untuk Pakan Ternak. BERDIKARI : Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks.

Anugrah RA, Rachmawati P, Gunawan B. 2021 Peningkatan Kualitas Pakan Fermentasi Ternak Sapi Dengan Teknologi Mesin Pencacah Rumput.

Gaina CD. 2019. Pemanfaatan Teknologi Pengolahan Pakan Untuk Mengatasi Masalah Pakan Ternak Sapi Di Desa Camplong Ii. J Pengabdi Masy Peternak.

Hanafie A, Fadhli F, Syahruddin I. 2016. Rancang Bangun Mesin Pencacah Rumput Untuk Pakan Ternak. ILTEK J Teknol.

Hartana, D. R., Effendi, N., &Yawara, E. 2016. Rancang Bangun Mesin Pencacah Rumput dan Penghancur Kotoran Kambing Dandung.

J. Autindo, P. Indonusa, and S. 2014. Perancangan dan penerapan teknologi alat pemotong rumput makanan ternak sebagai upaya efisiensi dan peningkatan produksi.

Muhazir A, Widyantoro M. 2018. Perancangan Dan Pembuatan Mesin Pengolahan Limbah Sekam Menjadi Bahan Baku Pakan Ternak.

Nisa NIF, Aminudin A, Fahrudi YA. 2019. Aplikasi Mesin Pencacah Pakan Ternak Serbaguna Sebagai Upaya Mengurangi Pengolahan Pakan Ternak Secara Konvensional.

Supra yogi, A., La tif, H., Yudi & Ruhyana, A. Y. 2013. Peningkatan Produksi Susu Sapi Perah di Peternakan Rakyat Melalui Pemberian Katuk- IPB3 sebagai Aditif Pakan.

Suranindyah Y, Astuti A, Widayati DT, Haryadi T, Muzayannah MAU. 2020. Pendampingan Peternak dalam Pengelolaan Pakan Sapi Perah Periode Transisi di Kelompok Ploso Kerep, Cangkringan, Sleman Selama Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat.
Published
2023-10-06
Section
Articles