Sosialisasi Etika Berkomunikasi

  • Siti Nurhasanah Politeknik Negeri Samarinda
  • Ratna Wulaningrum Politeknik Negeri Samarinda
  • Amirudin Amirudin Politeknik Negeri Samarinda
  • Muhammad Kadafi Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 156 , Fulltext downloads: 137
Keywords: Etika, Komunikasi, Sosialisasi

Abstract

Orientasi etis diperlukan untuk mengambil suatu sikap yang wajar dalam situasi dan kondisi masyarakat yang majemuk (pluralism). Manfaat etika antara lain sebagai pembeda antara yang baik dan buruk, sebagai penghubung antar nilai, menjadikan individu memiliki sikap kritis, dan membuat sesuatu sesuai dengan peraturan.

Etika komunikasi adalah tanggung jawab etis dalam berkomunikasi, baik secara langsung atau melalui teknologi informasi, seperti gadget dan media sosial. Etika dalam komunikasi penting karena kredibilitas yang baik akan membuat penyampaian pesan menjadi valid. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat skema penugasan prodi dilakukan dengan mitra dari Dharma Wanita Persatuan dan Karyawati Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Samarinda. Kegiatan ini bermanfaat bagi mitra karena dapat membekali dan membentuk peran istri dalam mendukung kinerja suami yang merupakan seorang Aparatur Sipil Negara.

References

Bartens, Kees. 2000. Pengantar Etika Bisnis. Yogyakarta: PT Kanisius.

Chang, William. 2018. Etika dan Etiket Komunikasi. Cetakan ke-1. Yogyakarta: PT Kanisius.

Mufid, Muhammad. 2018. Etika dan Filsafat Komunikasi. Cetakan ke-5. Depok: Prenadamedia Group (Divisi Kencana).
Published
2023-10-06
Section
Articles