Implementasi Peran Triple Helix dalam Rangka Pengurangan Limbah Plastik dan Brand Identity UMKM Dusun Putak
Abstract
Desa Wisata dibentuk untuk memberdayakan masyarakat agar dapat berperan sebagai pelaku langsung dalam upaya meningkatkan kesiapan dan kepedulian dalam menyikapi potensi pariwisata atau lokasi daya tarik wisata. Perlunya sumber daya alam, sumber daya manusia serta peran dari triple helix dalam pengembangan ekonomi daerah khususnya daerah wisata. Desa Loa Duri Ilir Dusun Putak Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata, namun dalam pelaksanaannya belum optimal khusunya dalam hal Tourism Destination Branding yakni mengenalkan, mempromosikan, mengelola dan pengembangkan potensi yang ada pada daerah tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka diberikan kegiatan pembinaan daerah melalui Pengabdian kepada Masyarakat Skema Desa Binaan (PKM-DB). Adapun kegiatan yang diberikan dalah pelatihan sablon manual pada tote bag sebagai alternative pengurangan sampah plastik demi terciptanya lingkungan berkonsep Sustainable Development Goals (SDGs) dan pelatihan media pemasaran online . Hasil yang diperoleh adalah 100% terjadinya peningkatan kemampuan secara individu peserta dalam membuat desain, melakukan proses sablon manual dari awal hingga akhir.
References
Dewi. M. H. U. 2013. Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali, Jurnal Kawistara, vol. 3, no. 2, pp. 129–139, 2013, doi: 10.22146/kawistara.3976.
Hanifah Aprilia., dan Rudy Farid. 2022. Perancangan Brand Identity dan Kemasan Lilypads. Jurnal Visual Ideas. Volume 2 Nomor 2, Agustus 2022 P-ISSN: 2776-1541 dan E-ISSN: 2776-0359.
Karuniastuti, Nurhenu . 2013. Bahaya Plastik terhadap Kesehatan dan Lingkungan. Swara Patra: Majalah Pusdiklat Migas. Vol 3 (1). Hal. 6-14.
Kurniawan.D., dan Didi. 2009. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan dengan Akselerasi Sektor Riil dan UKM. [Online]. Available: http://didikurniawan.web.id/2009/04/29/ %0Amengembangkan-ekonomi-kerakyatan-dengan-akselerasi-sektor-riil-dan-ukm/ %0A Diakses tanggal 25 Oktober 2018.
Monalisa.L. 2015. Pengaruh Kualitas Produk Terhadap International Brand Image serta Dampaknya Terhadap Keputusan pembelian (Studi pada Mahasiswa pembeli dan pengguna Laptop Lenovo di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Adm. Bisnis S1 Univ. Brawijaya, vol. 28, no. 2, p. 86469, 2015, [Online]. Available: http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1156.
Pramiati Purwaningrum. 2016. Upaya Mengurangi Timbulan Sampah Plastik di Lingkungan, Jurnal Teknik Lingkungan. Vol 8 No.2, Desember 2016, 141-147.
Riski Rismawarni., Bayu Mukti., dan Sukoco. (2022). Visual Branding Usaha Mikro Kecil Menengah Budidaya Jamur Kuping Agro Jaya Melalui Desain Kemasan Dan Logo. Surakarta Informatic Journal (SIJ). Volume 4, Edisi 2, Agustus 2022, ISSN: 2621-5330.
Sarfiah. S., H. Atmaja, and D. Verawati, “UMKM Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa,” Jurnal REP (Riset Ekon. Pembangunan), vol. 4, no. 2, pp. 1–189, 2019, doi: 10.31002/rep.v4i2.1952.
Shelvy Wijayanti, Deddi Duto Hartanto, Merry Sylvia. (2014). Perancangan Brand Identity Pusat Oleh-Oleh Khas Gresik Cap Kuda. Jurnal DKV Adiwarna Universitas Kristen Petra. Vol 1, No 4.
Sam Tavassoli & Charlie Karlsson.2015. Innovation strategies and firm performance: Simple or complex strategies? Econ. Innov. New Technology. Vol. 25, no. 7, pp. 631–650, 2015.