Strategi Bisnis Melalui Pengembangan Website dan Instagram di Mekarsari
Abstract
Bisnis kecil dan menengah (UMKM) membantu pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya. Toko Mekarsari, sebuah UMKM tanaman hias di Surabaya, adalah salah satu yang bertahan selama dan setelah pandemi Covid-19. Setelah berpindah ke Sentra Pasar Bunga Tenggilis selama tiga tahun, pemilik usaha perlu melakukan promosi lebih luas di tempat baru. Digital marketing adalah salah satu cara untuk memperluas pemasaran. Untuk menggunakan digital marketing diperlukan website dan instagram sebagai media pemasarannya. Program ini dilakukan untuk memberi pelatihan dan pendampingan kepada Toko Mekarsari dalam rangka pengembangan website dan instagram toko. Hasil kegiatan adalah berupa website dan instagram yang dibangun untuk peningkatan jangkauan pemasaran.
References
Herhausen, D., Miocevic, D., Morgan, R. E., & Kleijnen, M. H. P. (2020). The Digital Marketing Capabilities Gap. Industrial Marketing Management, 90, 276–290.
Hermawati, A., Fettry, S., & Suhermin. (2021). Understanding Digital Trends in Marketing Agribusiness Products: Critical Analysis of International Publications. International Journal of Business, Economics & Management, 4(1), 165–173. https://doi.org/https://doi.org/10.31295/ijbem.v4n1.1455
Hermansyah, D., Muklason, A., 2020. Evaluation of hyper-heuristic method using random-hill climbing algorithm in the examination timetabling problem, in: Journal of Physics: Conference Series. IOP Publishing, p. 022101.
Laga, S.A., Hermansyah, D., Alifkhan, M.V.D., 2023. Perancangan UI/UX Aplikasi Jobhub Layanan Aplikasi Freelance Menggunakan Figma.
Mukhlis, I.R., Hermansyah, D., Lantang, V.M., 2023. Rancangan Basis Data Transaksi Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat ABC Menggunakan MySQL Dengan Model Entity Relationship Diagram (ERD) dan Physical Data Model (PDM). J. Adv. Inf. Ind. Technol. 5, 1–10.
Puspitaningrum, A.C., Nurhadi, M., Supriyanto, H., Prasetya, M.S., Hermansyah, D., Fitri, N.A., Riskiawan, A.I., 2023. PENGELOLAAN KONTEN WEBSITE DAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI SEKOLAH MENGGUNAKAN CANVA. JMM J. Masy. Mandiri 7, 1317–1329.
Supriyanto, H., Nurhadi, M., Prasetya, M.S., Hermansyah, D., Puspitaningrum, A.C., 2022. Pembuatan Media Informasi Digital sebagai Sarana Informasi dan Promosi Sekolah. JMM J. Masy. Mandiri 6.
Vasumati, P., & Arun, C. J. (2021). Adoption of Digital Marketing in Agribusiness: A Conceptual Study. Academy of Marketing Studies Journal, 25(3), 1–6.
Widarti, P. (2022, July 31). Transaksi Platform UMKM E-Peken Surabaya Capai Rp 19,2 Miliar. Bisnis.Com. https://surabaya.bisnis.com/read/20220731/531/1560884/transaksi- platform-umkm-e-peken-surabaya-capai-rp192-miliar
Www.surabaya.go.id. (2022, March 12). Dari Program UMKM hingga Padat Karya, Strategi Walikota Eri Cahyadi Bangkitkan Ekonomi Surabaya. https://www.surabaya.go.id/id/berita/65672/dari-program-umkm-hingga-padat