Edukasi Optimalisasi Aplikasi DANA sebagai E-Wallet Guna Mewujudkan Keuangan Digital pada Karang Taruna Karisma Maju

  • Ahmad Jurnaidi Wahidin Universitas Bina Sarana Informatika
  • Miftah Faroq Santoso Universitas Bina Sarana Informatika
  • Yusuf Unggul Budiman Universitas Bina Sarana Informatika
  • Tiska Pattiasina Universitas Bina Sarana Informatika
Abstract views: 100 , Fulltext downloads: 89
Keywords: Keuangan Digital, Dompet Digital, DANA, Karang Taruna

Abstract

Pola transaksi keuangan masyarakat yang sudah berubah dengan menggunakan sistem pembayaran digital dan mengakses layanan perbankan di telepon seluler. Perkembangan FinTech sangat pesat seiring dengan transformasi digital, transaksi keuangan elektronik menjadi tren yang tidak bisa dihindari, salah satu inovasi yang populer adalah dompet digital. Aplikasi DANA merupakan dompet digital Indonesia yang dirancang untuk melakukan semua transaksi digital tanpa uang tunai dan tanpa kartu, online dan offline, cepat, nyaman, dan aman. Pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh pengurus dan anggota Krang Taruna Karisma Maju masih dengan cara konvensional yang menyebabkan kurang efisiennya proses transaksi dan uang tunai juga mudah hilang. Kegiatan dilakukan dengan 5 tahapan melakukan analisa, menentukan metode pelatihan, menyusun materi, melaksanakan pelatihan dan evaluasi. Dari kuesioner yang diberikan kepada 18 orang peserta dengan 12 laki-laki dan 6 perempuan didapat skor rata-rata 4,64 dengan grade (keterangan) Sangat Puas. Angka tersebut menunjukan bahwa peserta sangat puas dengan materi yang diberikan melalui metode yang digunakan pada pelatihan.

References

Allam, Z. (2020). The forceful reevaluation of cash-based transactions by COVID-19 and its opportunities to transition to cashless systems in digital urban networks. Surveying the COVID-19 Pandemic and Its Implications, 107.

Bank Indonesia. (n.d.). Sistem Pembayaran & Pengelolaan Uang Rupiah. Bi.Go.Id. https://www.bi.go.id/id/fungsi-utama/sistem-pembayaran/default.aspx

Dana Indonesia. (2023). Tentang DANA. Dana.Id. https://www.dana.id/about

Ermanja, M. (2023). 7 Aplikasi Dompet Digital Terbaik di Indonesia 2023. Bayarind.Id. https://www.bayarind.id/news/7-aplikasi-dompet-digital-terbaik-di-indonesia

Islami, V. D., Mulyanti, K., & Qintharah, Y. N. (2023). PELATIHAN PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL BAGI MASYARAKAT DESA BANTARJAYA. An-Nizam, 2(1), 135–141.

Jannah, F. Z. (2023). Kejahatan Keuangan Dalam Pembayaran Digital. BI Institute. https://www.bi.go.id/id/bi-institute/BI-Epsilon/Pages/Kejahatan-Keuangan-Dalam-Pembayaran-Digital.aspx

Juwita, S. A. (2019). Buku Pegangan Karang Taruna: Manajemen Organisasi Hingga Pengelolaan Ekonomi Produktif (1st ed.). Hijaz Pustaka Mandiri.

Saputri, N. D. M., Malinda, S., Nazaruddin, H. A., & Listya, A. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Dompet Digital Guna Meningkatkan Daya Jual Bagi Umkm Di Desa Muara Penimbung Ulu, Ogan Ilir. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 7(1), 73–79.
Published
2023-10-26
Section
Articles