Pelatihan dan Pelaksanaan Penentuan Titik-titik Kontrol GCP dengan GPS RTK Promark Field

  • Rafian Politeknik Negeri Samarinda
  • Kukuh Prihatin Politeknik Negeri Samarinda
  • Ashadi Putrawirawan Politeknik Negeri Samarinda
  • Dhinar Yoga Hanggung L Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 9 , Fulltext downloads: 10
Keywords: BM, GCP, WGS84, Google Earth dan Pemasangan Patok

Abstract

Titik ikat atau biasa dikenal dengan istilah titik BM (Bench mark) merupakan titik referensi yang selalu digunakan oleh surveyor sebelum melakukan pengukuran, hal ini bertujuan supaya pengukuran ataupun pemetaan yang kita laksanakan sejalan dengan bidang referensi nasional yang mengacu kepada WGS 84 (World Geodetic System). Pada pengukuran / pemetaan dengan area yang sangat luas maka diperlukan beberapa titik BM sebagai kerangka pengukuran dan selanjutnya dibuat titik-titik kontrol bantuan sebagai acuan tambahan yang disebut dengan GCP (Ground Control Point).

Untuk mendapatkan titik-titik BM ataupun GCP diperlukan GPS (Global Positioning System). Pada pelatihan ini digunakan GPS tipe Geodetic RTK Spectra Promark Field dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi (Orde 1). Survey lokasi / lapangan untuk menentukan letak/posisi titik-titik yang akan dilakukan pengamatan adalah hal yang sangat penting dan berapa banyak titik yang mesti dibuat tergantung kebutuhan. Pada pemasangan dan penentuan titik-titik di area Kampus Polnes targetnya adalah membantu mahasiswa Teknik Sipil pada paraktek Survey dan Pemetaan, terutama sekali pengukuran dengan wahana pemotretan dari udara (Drone) yang diperlukan banyak titik-titik GCP supaya nilai error / kesalahan pada orthomosaic dapat lebih diperkecil.

Titik-titik yang telah dilakukan pengamatan GPS diberi tanda dengan membuat patok dari pipa pvc yang dicor dan ditanamkan sebagian kedalam tanah dan muncul dipermukaan tanah dibuat 30 cm.

References

Abidin, D. H. (1999). Penentuan Posisi Dengan GPS Dan Aplikasinya. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
Manual Book GPS Promark Field Spectra
Manual Book UAV/Drone Mavic Air 2
Purwaamijaya, I. M. (2008). Teknik Survey Dan Pemetaan. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK
Sinaga, I. I. (1997). Pengukuran Dan Pemetaan Pekerjaan Konstruksi. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Walijatun, D. (2000). Dasar-dasar Pengukuran Tanah (Surveying). Jakarta: Erlangga.
Published
2024-02-29
Section
Articles