Pelatihan Training of Trainer (ToT) Guru SMK Bidang Komputer Akuntansi se-Kalimantan Timur Menggunakan Aplikasi Accurate Accounting V.5

  • Ibrahim Musa Politeknik Negeri Samarinda
  • Marwanto Politeknik Negeri Samarinda
  • Candra Gunawan Politeknik Negeri Samarinda
  • Fauziah Lily Anggraeni Sudirman Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 4 , Fulltext downloads: 5
Keywords: Accurate,Kompetensi, Komputer Akuntansi, Pelatihan

Abstract

Perkembangan teknologi akuntansi yang terkomputerisasi membuat software akuntansi pun berkembang. Setiap orang yang berkecimpung dalam bidang akuntansi dituntut untuk mampu menyelenggarakan akuntansi yang terkomputerisasi. Accurate merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh banyak perusahaan di Indonesia, hal ini terlihatdari banyaknya lowongan kerja dengan kriteria mampu mengoperasikan aplikasi Accurate. Agar para guru dapat mempersiapkan siswa-siswi dalam memasuki dunia kerja, para guru perlu harus terus memperbaharui pengetahuan yang dimilikinya. Guru perlu mempelajari keterampilan komputerisasi yang dibutuhkan dalam dunia kerja, agar dapat mengajarkan para siswa dan mempersiapkan siswa untuk menjadi sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan untuk memasuki dunia kerja dan menjawab tantangan industri.. Tujuan Kegiatan ini antara lain: (a) Meningkatkan pemahaman mengenai software akuntansi Accurate V5 dalam proses pencatatan transaksi keuangan untuk menyiapkan laporan keuangan; (b) meningkatkan kompetensi guru SMK dalam pemenuhan kewajiban mata pelajaran dandaya saing siswa setelah lulus sekolah. Pelaksanaan pelatihan diadakan selama 3 (tiga) hari dan pelatihan ini sangat sukses. Kesimpulan dari pemberian pelatihan ini telah menjawab masalah tidak siapnya guru pengampu mata pelajaran komputer akuntansi menggunakan Accurate serta peningkatan mutu kompetensi guru dalam menjalankan aplikasi Accurate Accounting akan berdampak kepada peningkatan kompetensi siswa yang nantinya akan menjadi lulusan SMK yang siap kerja di bidang komputer akuntansi khususnya menggunakan aplikasi Accurate.

References

Accurate (2021). Keunggulan ACCURATE 5 Sebagai Software Accounting
.https://www.akuntansionline.co/keunggulan-accurate-5-sebagai-software-accounting/, diunggah tanggal 02 Juni 2023.
Culita; Salsabila, Zulpa; Marpaung, S. H. (2020). Pelatihan Komputer Akuntansi Dasar Dengan Software Accurate Pada Sma Husni Thamrin Medan. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 284–288.
Khairani, S., Kusuma, D. P., Fransiska, J., & Hartati, E. (2021). Pelatihan Aplikasi Accurate Bagi Guru dan Siswa SMK Negeri 1 Palembang. Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 43–49.
Suryani, Mariani, D., & Nusantari, F. A. A. (2020). Workshop Komputer Akuntansi Accurate Versi 5 Bagi Guru dan Siswa Akuntansi SMK Triguna 1956 Jakarta Selatan. JAMAIKA : Jurmal Abdi Masyarakat, 1(2), 69–76.
Wahyuni, P. D., Chairunisa, M., & Yudha, F. P. (2021). Meningkatkan Pembelajaran dan Kompetensi Siswa SMK Bina Insan Mandiri Melalui Pelatihan Software Akuntansi Myob Di Wilayah Srengseng Jakarta Barat. Jurnal Pengabdiab Kepada Mayarakat (ABDITEKNIKA), 1(2), 134–141.
Published
2024-02-29
Section
Articles