Pelatihan Publikasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SDN 007 Loa Janan Ilir Kota Samarinda

  • Fitri Wulandari Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 12 , Fulltext downloads: 9
Keywords: Penelitian Tindakan Kelas., Publikasi PTK, Angka Kredit Guru

Abstract

Penelitian tindakan kelas atau disebut PTK adalah penelitian yang mengangkat masalah-masalah yang aktual yang dilakukan oleh para guru yang merupakan pencermatan kegiatan belajar yang berupa tindakan untuk memperbaiki dan meningkatkan praktik pembelajaran di kelas secara lebih profesional.Penelitian Tindakan Kelas juga diartikan sebagai upaya atau tindakan yang dilakukan oleh guru atau peneliti untuk memecahkan masalah pembelajaran melalui penelitian.Seorang guru mengembangkan inovasinya dalam pembelajaran seperti menggunakan metode, strategi media demi meningkatkan kompetensi profesionalnya.Guru dalam melakukan penelitian Tindakan kelas ada tiga hal yang penting yaitu sebagai guru apa yang akan ditingkatkan, dengan apa meningkatkan, serta siapa yang ditingkatkan, maka guru yang tahu kondisi kelasnya.Setelah guru melakukan penelitian tindakan kelas maka guru membuat laporan kegiatan ilmiah yaitu laporan penelitian hasil lapangan, maka hasil penelitian tersebut dikemas menjadi karya tulis ilmiah tentu karya tulis ilmiah mempunyai kaidah penulisan.Dengan demikian hasil penelitian tersebut diringkas sesuai dengan sistematika dan selanjutnya, disusun menjadi naskah yang diterbitkan dalam media jurnal ataupun media lain sehingga dapat menyumbangkan kepada khazanah ilmu pengetahuan. Melalui penelitian tindakan kelas guru akan terlatih untuk mengembangkan secara kreatif kurikulum di kelas atau sekolah. Selain itu dengan diterbitkannya ke dalam bentuk jurnal akan mempermudah guru dalam mengumpulkan angka kredit guna kepentingan kenaikan jabatan. Kemampuan reflektif guru serta keterlibatan guru yang dalam terhadap upaya inovasi dan pengembangan kurikulum pada akhirnya akan bermuara pada tercapainya peningkatan profesional guru.

References

Buku 4 tentang Pedoman PKB bagi Guru Pembelajar. Kemdikbud. Edisi revisi 2019.
Daryanto, (2013). Standar Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru Profesional, Yogyakarta.
M. Risminawati (2011) Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
M. Risminawati, 2017. “Problematika Guru Dalam Menulis Karya Ilmiah Sebagai Pengembangan Kompetensi Profesional di SD Muhammadiyah 5 Surakarta,” eprintsums,p.http://eprints.ums.ac.id/50879/22/NASKAH%20 PUBLIKASI.pdf.
Prayitno, Harun Djoko. dkk. (2001). Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Muhammadiyah University Press.
Summiati M, S.Pd., (2019). “Laporan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran Seni Budaya Materi Pokok Kerajinan Tangan Menjahit Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Takalar”. https://files1.simpkb.id/guruberbagi/rpp/683422-1671122811.pdf (Diakses Tanggal 27 September 2023)
Dwi Susilowati. (2018). “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran”. Jurnal Ilmiah Edunomika. 2 (01). 76-78.
Gayatri dan Wirakusuma. (2023). “Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Keterampilan Pembuatan Proposal Penelitian Mahasiswa”. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 8-10.
Patrisius Afrisno Udil. 2021. “Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas Untuk Publikasi pada Jurnal Ilmiah”. Jurnal Nasional Pengabdian Masyarakat. 2(01). 13-14.
Ni Nyoman Sri Putu, dkk. (2022). “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Tulis Ilmiah bagi Guru”. 7(04). 33-35.
Published
2024-06-30
Section
Articles