Pelatihan Komunitas Teater Purworejo ketika Peran Menjadi Nyata yang Menimbulkan Efek Over Identification dalam Diri

  • Witama Rahmadani Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nurul Fatimah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nu'maa Qurrotu'aini Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Lu'luk Isnaini Fauzia Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Marisna Aprilia R.P. Universitas Muhammadiyah Purworejo
Abstract views: 3 , Fulltext downloads: 4
Keywords: Teater, Akting, Pelatihan

Abstract

Penelitian ini terkait dengan pendalaman atau pengembangan pekerjaan di bidang akting dimana orang-orang dari daerah Purworejo menampilkan sebuah lakon hingga menjadi kenyataan. Identifikasi berlebihan, yaitu perasaan yang terbenam dalam emosi peran akting, menjadi masalah bagi anggota komunitas ini. Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah untuk mendidik individu-individu Kelompok Komunitas Teater Purworejo (KTP) dalam bersikap hati-hati dan kontemplatif dalam berusaha mengembangkan pekerjaan yang dilakoninya agar tidak kehilangan karakternya dalam dunia nyata. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif karena dilakukan melalui wawancara, observasi dan persepsi dari ilmuwan hingga individu di daerah setempat sehingga terlacak unsur kejiwaan pada salah satu individunya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan variabel mental, yaitu rendahnya karakter anggota kelompok Komunitas Teater Purworejo (KTP) yang terkena dampak dari bukti yang berlebihan. Kesimpulannya adalah kita harus mewaspadai dan lebih berhati-hati dalam kesejahteraan emosional yang Dimana salah satunya adalah over-ID (Identification) yang sangat penting karena dampak dari masalah
ini adalah menyebabkan menurunnya karakter batin seseorang atau kehilangan identitas dari dalam dirinya.

References

Ayatila, S., & Savira, S. I. (2021). Self-compassion pada perempuan yang pernah menjadi korban bullying: Studi kasus. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8), 212–226.
Choiriyah S, & Riyanto S. (2022). DESAIN PELATIHAN PADA MASA PENDEMI COVID19 (STUDI KASUS PENERAPAN METODE CONSTRUCTIVE LEARNING PADA PENYAMPAIAN PEMBELAJARAN VIRTUAL LEARNING). Jurnal Syntax Idea, 2(8), 488–502.
Fadillah N, Pratama A, & Febriantina S. (2021). Pengembangan Desain Pelatihan Penggunaan Digital Learning Platform Bagi Mahasiswa Bidang Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(02).
Kusumadewi, F. N. (2021). PENGEMBANGAN DESAIN PELATIHAN PENGUATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI DESA WISATA. Jurnal Instruksional, 2(2) https://www.bps.go.id/indicator/13/1962
Published
2024-06-30
Section
Articles