Sekolah Pintar Berbasis Teknologi Informasi pada Madrasah Aliyah Muslimin Indonesia Center Samarinda

  • Muslimin B Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Suci Ramadhani Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Imron Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Bagus Satria Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
  • Rudito Politeknik Pertanian Negeri Samarinda
Abstract views: 4 , Fulltext downloads: 7
Keywords: Madrasah Aliyah, MIC, Sekolah Pintar, TI

Abstract

Sekolah pintar merupakan inovasi institusi pendidikan untuk mendukung proses pembelajaran berbasis teknologi Informasi dalam upaya menghadapi tantangan era digital. Kegiatan pembelajaran berbasis teknologi informasi pada Madrasah Aliyah Muslimin Indonesia Center(MIC) Samarinda bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada siswa tentang pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi transformasi perkembangan proses pembelajaran saat ini. Memberikan pemahaman kepada guru dalam menggunakan berbagai platform seperti penggunaan media komputer, perangkat mobile, perangkat lunak, dan aplikasi pendukung kegiatan pembelajaran berbasis teknologi informasi. Siswa dan guru dapat menambah keterampilan teknis seperti penggunaan internet sehat, pengolahan data, etika penggunaan teknologi, keamanan informasi dan media pendukung pembelajaran lainnya.

Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru maupun siswa adalah kurangnya pemahaman dalam menggunakan media dan platform yang mendukung proses pembelajaran berbasis teknologi informasi pada Madrasah Aliyah Muslimin Islamic Center(MIC) Samarinda. Dalam menghadapi permasalahan tersebut kami akan melakukan kegiatan workshop dalam bentuk pelatihan kepada guru dan siswa dalam upaya mengintegrasikan pembelajaran berbasis teknologi informasi dengan kurikulum sekolah, serta pendekatan yang  seimbang antara penggunaan teknologi informasi dan metode pembelajaran secara tradisional.

References

Akhsani, L., Ahmad, & Eko Subekti, F. (2021). Development of project and ICT-based learning media subject modules. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012025
Arriyani, N., & Pratama, P. (2021). English Virtual Based Learning: Integrating Technology and Learning Media Through “Assure” Teaching Model. Exposure : Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 10(2), 421–429. https://doi.org/10.26618/exposure.v10i2.6054
Aryotejo, I. G. N. B., Candiasa, I., & Divayana, D. G. H. (2021). Smart school strategic design for information systems using framework ward & peppard in smk negeri 1 tampaksiring. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012053
Fitrani Dinda Fadhilah, Fitri Handayani Harahap, Nur Zarit Sofia, Suhendri Prayoga, & Muhammad Taufik Ihsan. (2021). the Utilization of Information Technology As Learning Media. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 164–173. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i2.48
Fuadi, A. (2022). Use of Ict Technology-Based Media (Information and Communication Technology) in Learning. International Conference of Humanities and Social Science, 1(1), 562–571.
Mfreke Umoh, D. J., & Bassey, M. (2020). Teaching and Learning With Media Technology. Novateur Publications International Journal of Innovations in Engineering Research and Technology, 7(5), 2394–3696. www.tutor2u.net.
Prasetiyo, E., & Suyatno. (2021). The Implementation of Information Technology-Based Learning during Covid-19 Outbreak at Elementary School. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 11(1), 28–40.
Published
2024-06-30
Section
Articles