Green Accounting: Peduli Lingkungan Berkelanjutan pada Organisasi Non Profit

  • Romadhon Romadhon Politeknik Piksi Input Serang
  • Annissa Pratiwi Politeknik Piksi Input Serang
  • Resita Septia Rahma Politeknik Piksi Input Serang
  • Dian Evariana Politeknik Piksi Input Serang
  • Angga Nugraha Politeknik Piksi Input Serang
Abstract views: 0 , Fulltext downloads: 0
Keywords: Akuntansi Lingkungan, Keberlangsungan, Kekeringan, Air, Lingkungan

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Desa Pamengkang, Kecamatan Kramatwatu, Kabupaten Serang, bertujuan untuk mengedukasi warga tentang green accounting dan keberlanjutan, khususnya dalam menghadapi masalah kekeringan. Dengan fokus pada penyuluhan mengenai dampak kekeringan, strategi penanggulangan, dan penggunaan air yang efisien, kegiatan ini berhasil menarik partisipasi aktif dari kepala desa, perangkat desa, dan warga desa. Antusiasme tinggi dari masyarakat menunjukkan kesadaran yang berkembang terhadap pentingnya pengelolaan sumber daya air secara bijak. Meskipun dihadapkan pada batasan seperti keterbatasan sumber daya dan jangkauan geografis, kegiatan ini menawarkan rekomendasi untuk peningkatan program di masa depan melalui edukasi berkelanjutan, kerjasama teknis, pembangunan infrastruktur, dan pemberdayaan masyarakat. Kegiatan ini menggarisbawahi pentingnya adaptasi dan mitigasi kekeringan melalui pendekatan kolaboratif untuk memastikan keberlanjutan lingkungan dan ekonomi lokal.

References

May, S. P., Zamzam, I., Syahdan, R., & Zainuddin, Z. (2023). Pengaruh Implementasi Green Accounting, Material Flow Cost Accounting Dan Environmental Performance Terhadap Sustainable Development. Owner: Riset Dan Jurnal Akuntansi, 7(3), 2506–2517.
Nianty, D. A., Rachma, N., Susanti, A., & Nurfaulia, N. (2023). Green Accounting Terhadap Kinerja Keuangan Dengan Environmental Performance Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen STIE Muhammadiyah Palopo, 9(2), 205–219.
Nurchayati, N., Ningrum, W. W., Setyobudi, S., Ratnawati, A. T., Amalia, M. M., Waoma, S., Bibiana, R. P., Khamimah, K., Fahria, R., & Suyati, S. (2023). PENGANTAR AKUNTANSI: Konsep dan Praktik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Setiawan, C. A., & Rosa, T. (2023). The Analysis of The Effect of Return of Investment (ROI) on Stock Price and Financial Performance of a Company. Journal of Accounting, Management, Economics, and Business (ANALYSIS), 1(1), 20–29.
Somantri, A. J., & Sudrajat, A. M. (2023). Pengaruh Penerapan Green Accounting dan Kinerja Lingkungan Terhadap Sustainable Development (Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia 2020-2022). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 21397–21401.
Sumayanti, H. I. (2023). DAMPAK EL NINO TERHADAP PADI SAWAH DI KECAMATAN TAKTAKAN KOTA SERANG PROVINSI BANTEN. Jurnal Ilmu Pertanian Tirtayasa, 5(2).
Yuliana, Y. K., & Sulistyawati, A. I. (2021). Green Accounting: Pemahaman Dan Kepedulian Dalam Penerapan (Studi Kasus Pada Pabrik Kecap Lele di Kabupaten Pati). Solusi, 19(1).
Published
2024-06-30
Section
Articles