Pembelajaran Digital dalam Sistem Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh
Abstract
Pendidikan telah mengalami transformasi yang signifikan dengan integrasi teknologi digital, khususnya dalam konteks pendidikan terbuka dan jarak jauh. Hal ini tercermin dalam upaya Universitas Terbuka Daerah Sorong dalam membimbing mahasiswa dan masyarakat dalam memahami konsep pembelajaran digital. Melalui kegiatan dialog interaktif, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang manfaat dan peran pembelajaran digital dalam menghadapi tantangan global. Hasilnya, integrasi teknologi digital dalam pendidikan terbuka dan jarak jauh memungkinkan akses pendidikan yang lebih luas, meningkatkan interaktivitas dan kolaborasi, serta memperkaya pengalaman belajar. Kesimpulannya, pembelajaran digital tidak hanya memungkinkan pendidikan menjadi lebih inklusif, tetapi juga meningkatkan relevansi dan efektivitas pembelajaran, membuka pintu bagi lebih banyak individu untuk mengakses pendidikan yang berkualitas dan relevan. Dengan dukungan lembaga pendidikan seperti Universitas Terbuka Daerah Sorong, mahasiswa dan masyarakat dapat memanfaatkan potensi pembelajaran digital untuk meningkatkan pemahaman dan kemandirian dalam menghadapi perubahan zaman.
References
Arrazaq, Z. (2023). Filantropi Pendidikan Islam Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Era Transformasi Digital di Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 505–522. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-9
Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2021). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 58–72. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1205
Jediut, M., Sennen, E., Ameli, C. V., Pgsd, P., Santu, U., Ruteng, P., Jend, J., & Yani, A. (2021). Manfaat Media Pembelajaran Digital Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sd Selama Pandemi Covid-19 Motivation Of Elementary School Students During The Covid-19 Pandemic). 2(2), 1–5.
Karmila, S. D., & Rezeki, Y. S. (2021). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauhpadapelajaran Bahasa Inggrisdi Kalimantan Barat. Indonesian Journal of Educational Developmen, 2(2), 373–381. https://doi.org/10.5281/zenodo.5257123
Munir. (2017). Pembelajaran DigitaTantangan Pendidikan di Era Digital 5.0. In Jurnal Refleksi Kepemimpinan (Vol. 3, Issue 1). http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&AuthType=ip,shib&db=bth&AN=92948285&site=eds-live&scope=site%0Ahttp://bimpactassessment.net/sites/all/themes/bcorp_impact/pdfs/em_stakeholder_engagement.pdf%0Ahttps://www.glo-bus.com/help/helpFiles/CDJ-Pa
Nugraheny, A. R. (2020). Peran teknologi, guru dan orang tua dalam pembelajaran daring di masa pandemi. Peran Teknologi, Guru Dan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi, 7.
Nur Alifah, H., Virgianti, U., Imam Zamah Sarin, M., Amirul Hasan, D., Fakhriyah, F., & Aditia Ismaya, E. (2023). Systematic Literature Review: Pengaruh Media Pembelajaran Digital pada Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Dan Karya Mahasiswa, 1(3), 103–115. https://doi.org/10.54066/jikma-itb.v1i3.463
Rachmi, R., Surachman, A., Putri, D. E., Nugroho, A., & Salfin, S. (2024). Pendidikan di Era Digital: Tantangan dan Peluang. SJournal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 52–63. http://smpn1rantaupandan.sch.id/blog/pendidikan-di-era-digital-tantangan-dan-peluang/