Penerapan Poster Vocabulary dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris di Sekolah Dasar Negeri

  • Aflah Ulima Rusyda Universitas Darussalam Gontor
  • Amatullah Nur Afifah Universitas Darussalam Gontor
  • Asse Nur Izza Maharani Universitas Darussalam Gontor
  • Inayatur Rahmah Universitas Darussalam Gontor
  • Amalia Putri Maqsusanah Universitas Darussalam Gontor
  • Fadilla Fatikasari Universitas Darussalam Gontor
  • Zhifanny Prafitasari Sutarman Universitas Darussalam Gontor
  • Risma Aulia Hadi Universitas Darussalam Gontor
  • Nur Salamah Universitas Darussalam Gontor
  • Galuh Sukma Universitas Darussalam Gontor
Abstract views: 6 , Fulltext downloads: 2
Keywords: Pendidikan, Kosa Kata, Bahasa Inggris, KKN Tematik

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan sumber daya manusia untuk mewujudkan bangsa yang maju. Tingkat Pendidikan di Indonesia dapat dilihat masih memiliki banyak kekurangan atau belum maksimal hasilnya. Ditemukan banyak anak negeri wilayah-wilyah pelosok masih belum dapat mengenyam Pendidikan yang layak. Untuk menangani masalah tersebut perlu adanya kontribusi yang kuat antara pemerintahan untuk memberikan keadilan dalam bentuk Pendidikan bagi setiap anaknya. Penyusunan program kerja ini dilatarbelakangi oleh kepedulian para mahasiswi terhadap anak-anak sekolah dasar yang kurang dalam pemahaman Bahasa Inggris. Mengingat zaman milenial saat ini anak-anak cenderung menggunakan gadgetnya untuk hal-hal yang kurang berguna. Dalam hal lain, disimpulkan bahwa anak-anak hanya belajar saat mereka berada di sekolah. Salah satu program kerja KKN Universitas Darussalam Gontor yaitu pocket book untuk SDN Ngrayudan 3. Kegiatan dilaksanakan pada bulan Maret 2024 di SDN Ngrayudan 3. Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman kosa kata Bahasa Inggris. Partisipasi peserta didik sangat baik yang ditunjukakan dengan antusiasme dalam belajar. Dampak dari kegiatan ini mampu membantu siswa dalam menghafal kosa kata Bahasa inggris.

References

Aliyah. 2017. “Peningkatan Cinta Lingkungan Dan Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan Melalui Program Pengabdian Masyarakat.” Jurnal Pengabdian Masyarakat 4 no 1.
Fauziah, Irma. 2021. “Penguatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Pembelajaran Alquran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Ilmiah Innovative Vol 8 No 1 (Maret): 1–18.
Himawanto, Dwi Aries, Alfian Kharis Ghossy Gholib, dan Berliana Arvi Septiarista. 2022. “Kelas Literasi: Upaya Mengatasi Kesulitan Membaca Dan Menulis Peserta Didik Sd N 02 Jantiharjo Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus KKN Tematik Kampus Mengajar).” Jurnal Budimas 4 No 1.
Laia. 2020. “Motivasi Dan Budaya Berbahasa Inggris Masyarakat Daerah Tujuan Wisata Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Di Tingkat Slta (Studi Kasus: Desa Lagundri-Desa Sorake-Desa Bawomataluo).” Jurnal Education and Development 8 No 4.
Nursitti, Sjafty. 2020. “Masalah-Masalah Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Sekolah dasar.” Media Penelitian Pendidikan 11 No 2.
Syardiansyah. 2019. “Pengembangan Kompetensi Mahasiswa ( Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017 ).” Univeristad Samudra 5 No 2.
Zaia. 2018. “Kontribusi Motivasi Dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Stkip Nias Selatan.” Jurnal Education and Development 6 No 1.
Published
2024-06-30
Section
Articles