Pengembangan Usaha Gula Aren Melalui Digitalisasi Marketing di Desa Jaten Jogorogo Kabupaten Ngawi

  • Ulfa Muna Kamila Universitas Darussalam Gontor
  • Ahmad Setiyono Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Nayla Syifa Multazamiya Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Annisa Wahidiyatul Magfiroh Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Auliya Hafizh Muta’ali Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
  • Fauziah Nur Rahmah Rahmah Universitas Darussalam Gontor Ponorogo
Abstract views: 66 , Fulltext downloads: 45
Keywords: Pengembangan Usaha, Digital Marketing, Gula Aren

Abstract

Digital marketing merupakan kegiatan pemasaran produk melalui media sosial untuk meningkatkan konsumen dan penjualan produk gula aren. Digital marketing dipilih sebagai solusi dari permasalan yang dihadapi umkm gula aren dikarenakan penjualan yang masih dilakukan secara tradisional dan banyak masyarakat yang belum mengetahui keberadaan umkm gula aren ini sehingga penjualan masih rendah. Pembuatan gula aren tergolong sulit karena untuk menghasilkan gula aren yang baik harus dimasak selama delapan jam, gula aren dijamin keaslianya karena air nila yang menjadi bahan baku pembuatan gula aren tidak diberi bahan tambahan apapun. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pembelajaran kepada pelaku umkm gula aren tentang digital marketing yaitu  penggunaan media sosial dalam memasarkan produk sehingga dapat memperluas jaringan pasar serta meningkatkan penjualan gula aren. Metode kegiatan yang digunakan adalah menggunakan metode PAR (participatory Action Research) yaitu metode melalui penyelesaian lima siklus yaitu to know (mengidentifikasi masalah), to understand (untuk mengerti), planning (perencanaan), to action (aksi), dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan pelaku umkm telah memahami dan menggunakan digitalisasi marketing dalam memasarkan produk dan telah menerima pesanan dari konsumen dan mengirimkanya. Dapat disimpulkan bahwa digitalisasi marketing mampu meningkatkan pengetahuan pelaku umkm tentang pemasaran produk gula aren sehingga banyak Masyarakat yang mengetahui keberadaan gula aren di desa jaten dan memesanya melalui pemesanan online maupun offline.

References

Aisyah, S., & Rachmadi, K. R. (2022). DIGITALISASI PEMASARAN MELALUI SOSIAL MEDIA MARKETING PADA PELAKU UMKM GUNA PENINGKATAN PENDAPATAN. RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1866

Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10560

Arisona, R. (2023, September 17). Syarat dan Cara Urus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK). Bee.Id. https://www.bee.id/blog/syarat-dan-cara-urus-izin-usaha-mikro-kecil-iumk/

Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

Chusniyah, I., & Fauza, N. (2022). Pelatihan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran di Masa Pandemi Bagi Masyarakat. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.54471/khidmatuna.v2i2.1582

Dewi, W. F., & Wsww, L. D. P. (2022). Peningkatan Pengetahuan dan Pendapatan Pengrajin Gula Kelapa Melalui Pelatihan dan Pemasaran Online. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.33633/ja.v5i2.444

Hakim, R., Maris, S., Yuliana, R., Maulana, F., Gojali, A., Sayyidah, R., & Lestari, S. (2023). PENGEMBANGAN UMKM DENGAN INOVASI PRODUK GULA AREN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN BAGI MASYARAKAT DESA CICADAS SUKABUMI. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Abdi Putra, 3, 169–175.
https://doi.org/10.52005/abdiputra.v3i3.125

Irianto, H., Viesta, A. D., Nugroho, A. T., Wahyuni, T., Prabowo, W. C., Hamid, I. N., Anufah, T. N., Permatasari, H. I., Salsabila, A., Sofyana, S., & Hardiyanti, F. Y. (2023). Digitalisasi UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online di Desa Tengklik. Journal of Cooperative, Small and Medium Enterprise Development, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.20961/cosmed.v1i2.66865

Kamaruddin, & Usman, U. (2024). Analisis Hubungan Digitalisasi Marketing Dengan Profitabilas Usaha: Studi Pada UMKM Pasca Pandemi Covid-19. Entrepreneur: Jurnal Bisnis Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/entrepreneur.v5i1.8725

Kurniasi, E. R., Ayuni, R., Dewa, B. P., Minarti, Meliani, Pramadhani, R., Yanti, P., Zuhriyyah, D., Alaimusalam, J., Sari, E. A., & Revaldy. (2021). PELATIHAN PEMASARAN DIGITAL PRODUK DESA NADUNG: KOPI TEH PELAWAN DAN GULA KABUNG. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.46306/jabb.v2i1.68

Zuriana, Z., & Yohanson, A. K. (2022). PENINGKATAN PEMASARAN PADA UMKM LAHANG AREN GULA SEMUT DANWEDANG JAHE MELALUI DIGITAL DI DESA WAY KALAM KECAMATAN PENENGAHAN KABUPA1TEN LAMPUNG SELATAN. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i2.2683
Published
2024-06-30
Section
Articles