Implementasi Teknologi Augmented Reality Sebagai Saran Inovatif Pada Asrama Cerdas Yatim Dan Dhuafa

  • Ahmad Jurnaidi Wahidin Universitas Bina Sarana Informatika
  • Ventianus Sarwoyo Universitas Bina Sarana Informatika
  • Hariyanto Hariyanto Universitas Bina Sarana Informatika
Abstract views: 10 , Fulltext downloads: 13
Keywords: Augmented reality, Pendidikan, Asrama Cerdas, Yatim Dhuafa

Abstract

Pemanfaatan teknologi, khususnya augmented reality  (AR), dalam konteks pendidikan telah menjadi fokus utama di Indonesia. Penelitian ini menguraikan upaya untuk memanfaatkan AR sebagai sarana inovatif bagi anak asuh di Asrama Cerdas Yatim dan Dhuafa. Meskipun potensi AR telah diakui, masih ada tantangan dalam menerapkannya secara efektif di pendidikan. Tantangan tersebut meliputi ketersediaan infrastruktur dan kurangnya pelatihan bagi pendidik. Untuk mengatasi ini, kami menyusun program pelatihan yang mencakup pemahaman tentang konsep dasar AR, potensinya dalam pendidikan, dan demonstrasi aplikasi berbasis AR. Program ini diikuti oleh 17 peserta dan mendapat respons positif. Evaluasi dilakukan melalui kuesioner dengan skor rata-rata 4,21, menunjukkan tingkat kepuasan "Sangat Puas". Hasil ini menandakan bahwa peserta merespons materi dan metode dengan baik. Dengan demikian, pelatihan AR diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan dalam pembelajaran dan pengembangan pribadi anak asuh, sesuai dengan visi dan misi Asrama Cerdas Yatim dan Dhuafa.

References

Lestari, D., & Sari, N. S. (2020). Penerapan Augmented reality dalam Pembelajaran Matematika Kelas V. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 11(1), 52–60.

Prasetyo, B. E., & Al Rasyid, H. (2019). Implementasi Augmented reality dalam Pembelajaran sebagai upaya Peningkatan Kemampuan Spasial. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 381–389.

Santoso, D., Putri, A. R., & Nugroho, A. E. (2018). Pengaruh Penggunaan Augmented reality terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2), 87–94.

Saputra, E. P., Setiawati, E. E., Widianto, K., & Wahidin, A. J. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Efek Animasi PowerPoint Sebagai Pengembangan Konten Pembelajaran Interaktif Pada TPQ Nurul Jihad. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 239–246.

Setyawan, B., Rufii, nFn, & Fatirul, A. N. (2019). Augmented reality Dalam Pembelajaran IPA Bagi Siswa SD. Kwangsan, 7(1). https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p78--90

Wahidin, A. J., Pattiasina, T., Akbar, D. D., Budiyono, P., Informasi, S. T., Komputer, F. I., Bina, U., Informatika, S., Informasi, S. S., & Komputer, F. I. (2021). Pelatihan E-Commerce dan Membuat Toko Online Pada Asrama Yatim dan Dhuafa Al Alif 165. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nasio, 1(1), 38–45.
Published
2024-09-08
Section
Articles