Meningkatkan Kesadaran akan Pentingnya Pendidikan Lanjut Melalui Edukasi dan Motivasi bagi Siswa SMAN 4 Praya

  • Agus Kurnia Universitas Mataram https://orcid.org/0000-0002-3180-3469
  • Naswa Aisya Fitri Universitas Mataram
  • Ameliawati Universitas Mataram
  • Sallsabila Universitas Mataram
  • Maeliana Zalianti Universitas Mataram
  • Arya Pramudya Sa’id Universitas Mataram
  • Abdullah Alapif Universitas Mataram
Abstract views: 17 , Fulltext downloads: 15
Keywords: Motivasi, Pendidikan lanjut, pengabdian, kualitas pendidikan

Abstract

Pendidikan lanjut sangat penting dalam pembangunan individu dan masyarakat secara keseluruhan. Namun, di banyak negara dan wilayah di seluruh dunia, masalah minimnya akses dan partisipasi dalam pendidikan lanjut menjadi hambatan serius dalam upaya mencapai kemajuan sosial dan ekonomi. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan lanjut melalui edukasi dan motivasi bagi siswa SMAN 4 Praya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini menggunakan metode edukasi teman sejawat dan juga membagikan cerita pengalaman yang sedang dan sudah menjalani pendidikan di perguruan tinggi. Hasil menunjukkan bahwa edukasi dan motivasi terbukti efektif untuk meningkatkan kesadaran dan motivasi siswa terhadap pendidikan lanjut. Disarankan agar pihak sekolah, orang tua, dan masyarakat terus bekerja sama dalam meningkatkan partisipasi pendidikan lanjut bagi siswa SMAN 4 Praya.

References

Akasumbawa, M. D. D., Adim, A., & Wibowo, M. G. (2021). Pengaruh Pendidikan, Angka Harapan Hidup dan Jumlah Penduduk Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Negara dengan Jumlah Penduduk Terbesar di Dunia. Riset, Ekonomi, Akuntansi Dan Perpajakan (Rekan), 2(1), 11–20. https://doi.org/10.30812/rekan.v2i1.1047
Anggraini, D. M., Asbari, M., Eka, I., Santoso, G., & Rantina, M. (2023). Strong Why: Menguatkan Logika Mengapa dalam Kehidupan. 02(02), 2023.
Dedi, Sidik, A., Sakuroh, L., & Dariatno, D. (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Untuk Menentukan Mahasiswa Berprestasi Berbasis Web Dengan Metode AHP. Jurnal Sisfotek Global Issn, 5(2), 1–7.
Devi, W. S., Astriani, L., Sahrul, M., Aspar, M., & Savitri, T. (2022). Pelatihan Literasi Digital dalam Berorganisasi “Pendidikan, Kesehatan, Sosial, dan Ekonomi; Pendidikan Keluarga dan Masyarakat.” Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ, 1(2), 1–6. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/14545%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/14545/7812
Disdik, L. (2021). Rencana Strategis Dinas Pendidikan Kabupaten Lombok Tengah Tahun 2021-2026 (Issue 13).
Fani, J., Subagio, N., & Rahayu, V. P. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Studi Ke Perguruan Tinggi Pada Siswa Kelas Xii Di Sma Negeri 14 Samarinda. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial Dan Ekonomi, 4(1), 24–34. https://doi.org/10.30872/prospek.v4i1.1322
Fatimah, S., Harahap, W., Tiurma, A., Pandiangan, M., Kesehatan, P., Husada, K., Kesehatan, D., Banyuasin, K., Kesehatan, D., & Muaro, K. (2019). Pengaruh Pembentukan Peer Educator. Prosiding Seminar Nasional Poltekkes Karya Husada Yogyakarta Tahun 2019, 1, 146–161.
Fitri, N., & Astuti, R. (2024). The Power of Peers Unleashed in Motivating Elementary Learning Around the World. Indonesian Journal of Innovation Studies, 25(2), 1–12. https://doi.org/10.21070/ijins.v25i2.1099
Kusumanto, I., Oryza, S. B., & Listiadi, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Status Sosial Ekonomi Orangtua Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi dengan Prestasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 3(2), 23–36. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n1.p23-36
Lubis, N. A., Achmad, S. S., & Wilson, W. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat untuk Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa Kelas XII SMA Negeri 6 Tualang Kampung Maredan Barat Kecamatan Tualang Kabupaten Siak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 2371–2381.
Mahyudin, M. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Melanjutkan Pendidikan Tinggi Ke Universitas Terbuka (Studi Kasus SLTA Negeri dan Swasta Sederajat di Provinsi Jambi). Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1), 32. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v9i1.122
Nurjannah, L. A., & Kusmuriyanto. (2016). Pengaruh Prestasi Belajar, Motivasi Belajar, Kondisi Sosial Ekonomi Orang Tua dan Lingkungan Sosial Terhadap Minat Melanjutkan ke Perguruan Tinggi. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 495–504.
Rainer, P. (2023). Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Oleh Gen Z. Good Stats.
Resource - Satu Data Kabupaten Lombok Tengah. (n.d.).
Selvia, M. S., & Fitriani, W. (2023). Problematika Rendahnya Minat Siswa Dalam Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Serta Implikasinya Dalam Bimbingan Konseling: a Systematice Literature Review (Slr). Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 5(2), 267. https://doi.org/10.32332/jbpi.v5i2.8003
Widayati, I. (2014). Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi terhadap Literasi Finansial Mahasiswa. DISERTASI Dan TESIS Program Pascasarjana …, 2, No. 2(2), 176–183. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/disertasi/article/view/17526
Published
2024-09-09
Section
Articles