Pelatihan Keterampilan Berkomunikasi pada Departemen Kantor Depan Hotel untuk Siswa SMK Gema Gawita Tangerang

  • Kevin Gustian Yulius Universitas Pelita Harapan
  • Charity Leticia Jonatan Universitas Pelita Harapan
  • Jennifer Fabianto Universitas Pelita Harapan
  • Leony Cahyadi Universitas Pelita Harapan
Abstract views: 9 , Fulltext downloads: 11
Keywords: Hotel, Kantor Depan, Keterampilan Komunikasi, Pelatihan, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Abstrak

 

Pekerja di industri perhotelan seharusnya mendapatkan pelatihan pekerjaan khusus berdasarkan pekerjaan mereka karena hal ini akan menciptakan reputasi yang lebih baik untuk hotel. Kebutuhan akan pelatihan, tidak peduli di mana Anda berada dalam tingkat pendidikan, sangat penting, terutama dalam industri yang memerlukan pekerja berketerampilan dengan pelatihan dan pengetahuan yang tepat. Ada pekerja di industri perhotelan di Indonesia yang sebagian besar berasal dari sekolah vokasi, yang menimbulkan kesenjangan antara harapan industri perhotelan dan kurikulum sekolah vokasi. Diamati bahwa SMK Pariwisata Gema Gawita tidak menawarkan kelas mengenai keterampilan komunikasi di departemen front office di sebuah hotel. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan pelayanan masyarakat ini adalah memberikan sesi pelatihan bagi siswa di SMK Pariwisata Gema Gawita mengenai keterampilan komunikasi yang diperlukan di departemen front office. Hasil dari program pelatihan dievaluasi menggunakan pre-test dan post-test yang didistribusikan kepada peserta. Hasilnya menunjukkan dampak positif dan signifikan dari program pelatihan yang terlihat dalam perbandingan hasil pre-test dan post-test serta melalui formulir umpan balik yang didistribusikan.

 

Kata Kunci: Hotel, Kantor Depan, Keterampilan Komunikasi, Pelatihan, Sekolah Menengah Kejuruan

 

References

Allaie, S. A. (2022). High school students and vocational education. SSRN Electronic Journal.

Back, A. L., Fromme, E. K., & Meier, D. E. (2019). Training Clinicians with Communication Skills Needed to Match Medical Treatments to Patient Values. Journal of the American Geriatrics Society, 67, S385–S469.

Costa, J. (2023). Hospitality And Tourism Opportunities In Indonesia. Asia Business Outlook.

Dewi, T., Sutarma, G., Susanto, B., & Budiarta, P. (2021). Tourist Satisfaction Level of Front Office Department Staff Services at Tanadewa Resort & Spa . International Journal of Green Tourism Research and Applications , 3(2), 40–48.
Huang, A., & Baker, M. (2021). Exploring skill-based career transitions for entry-level hospitality and tourism workers. Journal of Hospitality and Tourism Management, 48, 368–373. https://doi.org/10.1016/j.jhtm.2021.07.007
Jawabreh, O., Masa’ Deh, R., Fayoumi, T. A., & Bareya, A. (2022). Customer Satisfaction Towards Communication Skills of Front Office Staff at the Hotel (Case Study Five Stars Hotel in Aqaba). Journal of Tourism and Geosites, 44.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2015, January 30). Kelulusan Siswa Tetap Mengacu Ketentuan Standar Nilai Minimum.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Penliaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan
Kusmiarti, R., Yuniati, I., & Noermanzah. (2020). Improving Student Communication Skills In Learning Indonesian Language Through Collaborative Learning April 2020. International Journal of Scientific & Technology Research, 9(1).
Lazzara, J. (2020). Lifespan Development PVCC PSY 240.
Parasnis, P., Deshpande, A., & Shinde, A. (2022). Significance of Communication for Frontline Employees – Perception of Hospitality Graduates. UGC CARE Listed ( Group -I) Journa, 11(1).
Walter, K., & Rodriguez, J. (2017). The Importance of Training and Development in Employee Performance and Evaluation.
Walton, J. (2023, December 11). Tourism. Encyclopedia Britannica.
Wolff, H. (2023, July 20). Travel and tourism in Indonesia - statistics & facts. Statista.
Yulius, K. G., Hezkiel, J., Hans, S., & Vivian. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Program Pelatihan Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Di Hotel Fairmont Sanur Beach Bali Bagian Room Division. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 24(2), 150. https://doi.org/10.30647/jip.v24i2.1308
Published
2024-09-09
Section
Articles