Minat Beli sebagai Mediasi antar Citra Perusahaan dan Keputusan Pembelian Paket Wisata
Abstract
Fokus kajian ini untuk mengungkap pengaruh antar citra perusahaan dan keputusan pembelian melewati variabel perantara minat beli paket wisata Lampung pada salah satu travel agent di Palembang. Pariwisata memainkan peran penting dalam perekonomian dan merupakan industri yang paling cepat berkembang secara global. Saat ini, pariwisata menjadi industri penting yang menjadi andalan bagi sejumlah negara, termasuk Indonesia. Perjalanan wisata yang sebelumnya dianggap sebagai kebutuhan sekunder, di masa ini sudah menjadi kebutuhan primer untuk sebagian besar individu. Hal ini juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang telah memfasilitasi masyarakat dalam mengakses informasi. Salah satu bisnis di industri pariwisata yang menawarkan jasa layanan perjalanan adalah biro perjalanan. Biro perjalanan wisata memainkan peran penting dalam usaha perjalanan yaitu sebagai pengkoordinasi kegiatan perjalanan wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode selective sampling, yang melibatkan 94 responden yang pernah membeli paket wisata Lampung pada periode Januari 2023 hingga Februari 2024. Penjabaran data dilakukan dengan analisis jalur (path analysis) dengan mempergunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 24. Hasil kajian mengungkapkan bahwa citra perusahaan dan minat beli berdampak signifikan. Citra perusahaan dan keputusan pembelian berdampak signifikan. Minat beli dan keputusan pembelian berdampak signifikan. Minat beli dapat menjadi perantara antara citra perusahaan dan keputusan pembelian.
Downloads
References
Ariszani, M., Suharyono, & Kumadji, S. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Kepercayaan serta Dampaknya pada Minat Beli (Studi pada Penjual Online yang Menggunakan Jasa Pengiriman PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 3(1), 1–6.
Darmawan, D. (2019). The Effect of Corporate Image on Brand Awareness and Brang Attitudde. Jurnal Transitera, 13–26.
Dyatmika, S. W., & Firdaus, L. M. (2021). The Effect of Price Service Quality, and Company Image on Purchase Decisions on Jalanjalan.ID Gresik. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2), 304–317.
Gauri, B. S., Nasution, M. A., & Alfira. (2023). Pengaruh Harga Tiket dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Angkasa Tour & Travel Medan. EMANIS: Journal Economic Management and Business, 2(2), 317–331. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/jfeb.v2i2.4172
Hakiki, N., Subadra, I. N., & Anggreni, N. P. Y. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Wisata di PT. Nusa Devata Bali Holiday. Journal of Tourism and Interdisciplinary Studies (JoTIS), 1(2), 156–163.
Hermawan, H., & Hendrastomo, G. (2017). Traveling sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Yogyakarta. Jurnal Sosiologi, 1–15.
Hikmah, N., Fauziyah, N. K., Septiani, M., & Lasari, D. M. (2022). Healing sebagai Strategi Coping Stress melalui Pariwisata. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.36256/ijtl.v3i2.308
Oktavianus, L. C., Randa, F., Jao, R., & Praditha, R. (2022). Kinerja Keuangan dan Reputasi Perusahaan: Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(2), 218–227. https://doi.org/10.22225/kr.13.2.2022.218-227
Putra, G. B. S. P., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi PT.Selecta, Kota Batu, Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 26(2), 1–8.
Riofita, H., Arimbi, Rifky, M. G., Salamah, L. R., Asrita, R., & Nurzanah, S. (2024). Perubahan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Tantangan Pasar Konsumen di Era Digital. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 21–26. https://doi.org/10.62017/jemb
Safitri, D. D., & Patrikha, F. D. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Online Marketplace (Studi Pada Konsumen di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1020–1026. https://forms.gle/gQfocgHq8QHJCHpF8
Safitri, E. S. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Paket Wisata di Titan Travel. Politeknik Negeri Sriwijaya .
Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli dengan Keputusan Pembelian pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147–155.
Setiawan, H., & Sayuti, A. J. (2017). Effects of Service Quality, Customer Trust and Corporate Image on Customer Satisfaction and Loyalty: An Assessment of Travel Agencies Customer in South Sumatra Indonesia. IOSR Journal of Business and Management, 19(05), 31–40. https://doi.org/10.9790/487x-1905033140
Stansyah, M. R., Tegar, M., Siya A.P, S., & Choirunnisa, R. (2023). Analisis Pengaruh Minat Beli Konsumen terhadap Pembelian Makanan dan Minuman melalui Aplikasi Go Food. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(1), 43–49.
Tarigan, M. I. (2018). Kajian Teoretis Tentang Hubungan Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan. Jurnal Manajemen, 4(1), 93–102. http://ejournal.lmiimedan.net
Copyright (c) 2024 Safarina Azzahra
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The author (s) keeps copyright on any article.
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- We distributed the article, and any associated published material under the Creative Commons Attribution-Share alike 4.0 International License