Minat Beli sebagai Mediasi antar Citra Perusahaan dan Keputusan Pembelian Paket Wisata

  • Safarina Azzahra Administrasi Bisnis/Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Negeri Sriwijaya,Indonesia
  • Heri Setiawan Administrasi Bisnis/Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Negeri Sriwijaya,Indonesia
  • Alditia Detmuliati Administrasi Bisnis/Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Negeri Sriwijaya,Indonesia
Abstract views: 15 , pdf downloads: 6
Keywords: Citra; Minat; Keputusan Beli

Abstract

Fokus kajian ini untuk mengungkap pengaruh antar citra perusahaan dan keputusan pembelian melewati variabel perantara minat beli paket wisata Lampung pada salah satu travel agent di Palembang. Pariwisata memainkan peran penting dalam perekonomian dan merupakan industri yang paling cepat berkembang secara global. Saat ini, pariwisata menjadi industri penting yang menjadi andalan bagi sejumlah negara, termasuk Indonesia. Perjalanan wisata yang sebelumnya dianggap sebagai kebutuhan sekunder, di masa ini sudah menjadi kebutuhan primer untuk sebagian besar individu. Hal ini juga dipengaruhi oleh kemajuan teknologi yang telah memfasilitasi masyarakat dalam mengakses informasi. Salah satu bisnis di industri pariwisata yang menawarkan jasa layanan perjalanan adalah biro perjalanan. Biro perjalanan wisata memainkan peran penting dalam usaha perjalanan yaitu sebagai pengkoordinasi kegiatan perjalanan wisata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel non-probability sampling dengan metode selective sampling, yang melibatkan 94 responden yang pernah membeli paket wisata Lampung pada periode Januari 2023 hingga Februari 2024. Penjabaran data dilakukan dengan analisis jalur (path analysis) dengan mempergunakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 24. Hasil kajian mengungkapkan bahwa citra perusahaan dan minat beli berdampak signifikan. Citra perusahaan dan keputusan pembelian berdampak signifikan. Minat beli dan keputusan pembelian berdampak signifikan. Minat beli dapat menjadi perantara antara citra perusahaan dan keputusan pembelian. 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariszani, M., Suharyono, & Kumadji, S. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Kepercayaan serta Dampaknya pada Minat Beli (Studi pada Penjual Online yang Menggunakan Jasa Pengiriman PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE)). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|, 3(1), 1–6.

Darmawan, D. (2019). The Effect of Corporate Image on Brand Awareness and Brang Attitudde. Jurnal Transitera, 13–26.

Dyatmika, S. W., & Firdaus, L. M. (2021). The Effect of Price Service Quality, and Company Image on Purchase Decisions on Jalanjalan.ID Gresik. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2), 304–317.

Gauri, B. S., Nasution, M. A., & Alfira. (2023). Pengaruh Harga Tiket dan Citra Perusahaan terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Angkasa Tour & Travel Medan. EMANIS: Journal Economic Management and Business, 2(2), 317–331. https://doi.org/https://doi.org/10.46576/jfeb.v2i2.4172

Hakiki, N., Subadra, I. N., & Anggreni, N. P. Y. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Paket Wisata di PT. Nusa Devata Bali Holiday. Journal of Tourism and Interdisciplinary Studies (JoTIS), 1(2), 156–163.

Hermawan, H., & Hendrastomo, G. (2017). Traveling sebagai Gaya Hidup Mahasiswa Yogyakarta. Jurnal Sosiologi, 1–15.

Hikmah, N., Fauziyah, N. K., Septiani, M., & Lasari, D. M. (2022). Healing sebagai Strategi Coping Stress melalui Pariwisata. Indonesian Journal of Tourism and Leisure, 3(2), 113–124. https://doi.org/10.36256/ijtl.v3i2.308

Oktavianus, L. C., Randa, F., Jao, R., & Praditha, R. (2022). Kinerja Keuangan dan Reputasi Perusahaan: Studi pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. KRISNA: Kumpulan Riset Akuntansi, 13(2), 218–227. https://doi.org/10.22225/kr.13.2.2022.218-227

Putra, G. B. S. P., Kumadji, S., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Citra Perusahaan terhadap Minat Berkunjung dan Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Taman Rekreasi PT.Selecta, Kota Batu, Jawa Timur). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB, 26(2), 1–8.

Riofita, H., Arimbi, Rifky, M. G., Salamah, L. R., Asrita, R., & Nurzanah, S. (2024). Perubahan Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Tantangan Pasar Konsumen di Era Digital. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 1(3), 21–26. https://doi.org/10.62017/jemb

Safitri, D. D., & Patrikha, F. D. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan di Online Marketplace (Studi Pada Konsumen di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1020–1026. https://forms.gle/gQfocgHq8QHJCHpF8

Safitri, E. S. (2020). Pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Paket Wisata di Titan Travel. Politeknik Negeri Sriwijaya .

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli dengan Keputusan Pembelian pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147–155.

Setiawan, H., & Sayuti, A. J. (2017). Effects of Service Quality, Customer Trust and Corporate Image on Customer Satisfaction and Loyalty: An Assessment of Travel Agencies Customer in South Sumatra Indonesia. IOSR Journal of Business and Management, 19(05), 31–40. https://doi.org/10.9790/487x-1905033140

Stansyah, M. R., Tegar, M., Siya A.P, S., & Choirunnisa, R. (2023). Analisis Pengaruh Minat Beli Konsumen terhadap Pembelian Makanan dan Minuman melalui Aplikasi Go Food. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11(1), 43–49.

Tarigan, M. I. (2018). Kajian Teoretis Tentang Hubungan Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan. Jurnal Manajemen, 4(1), 93–102. http://ejournal.lmiimedan.net

Published
2024-12-03
How to Cite
Safarina Azzahra, Heri Setiawan, & Alditia Detmuliati. (2024). Minat Beli sebagai Mediasi antar Citra Perusahaan dan Keputusan Pembelian Paket Wisata. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 6(02), 1-10. https://doi.org/10.53050/ejtr.v6i02.1051