Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Front Office Pada Samosir Villa Resort Kabupaten Samosir Provinsi Sumatera Utara
Abstract
Kontribusi utama dari penelitian ini terletak pada pemahaman mendalam mengenai harapan dan persepsi pelanggan terhadap kualitas layanan Front Office di lingkungan resort. Implikasi manajerial dan saran untuk meningkatkan kualitas pelayanan juga disampaikan berdasarkan temuan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Front Office di Samosir Villa Resort, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Pengukuran kepuasan pelanggan dilakukan melalui analisis lima dimensi layanan, yaitu tangibilitas fasilitas, empati, keandalan, ketanggapan, dan jaminan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif, dimana data yang dinyatakan dalam angka dan dianalisis dengan teknik statistic yang digunkan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagai adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, pelanggan menyatakan tingkat kepuasan yang positif terhadap pelayanan Front Office dan ada beberapa aspek juga yang perlu di tingkatkan. Adapaun kesimpulan dari penelitian ini adalah Mayoritas responden menyatakan tingkat kepuasan yang positif terhadap pelayanan Front Office Samosir Villa Resort. Hal ini mencerminkan keberhasilan resort dalam memenuhi harapan sebagian besar tamu. Terdapat indikasi tertentu, seperti tangibilitas fasilitas dan kecepatan respons, yang mendapatkan perhatian lebih rendah dari sebagian responden. Pemahaman terhadap ketidakpuasan ini menjadi kunci untuk meningkatkan pengalaman tamu secara menyeluruh dan Tingkat kepuasan pelanggan bervariasi di berbagai aspek pelayanan. Hal ini menunjukkan perlunya pendekatan yang berbeda dalam meningkatkan kualitas layanan Front Office sesuai dengan kebutuhan dan harapan yang beragam.
Downloads
References
[2] Dirgiatmo, Yong. (2003). Uji Validitas dan Reliabilitas. Universitas Sebelas Maret Surakarta: Makalah.
[3] Djarwanto dan Pangestu Subagyo. (1996). Statistik Induktif. Edisi IV, Yogyakarta: BPFE.
[4] Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
[5] Kotler, P. (2007). Marketing Management. 12th ed. Upper Saddle River, New Jersey: Pearson Prentice Hall.
[6] Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[7] Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
[8] Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[9] Tjiptono, F. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
[10] Zeithaml, V. A., & Bitner, M. J. (2003). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. New York: McGraw-Hill.
Copyright (c) 2024 Sariana Hollandita Prima Putri Daulay, Agustinus Denny, Widya Octovia Rini Simanjuntak
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The author (s) keeps copyright on any article.
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- We distributed the article, and any associated published material under the Creative Commons Attribution-Share alike 4.0 International License