Optimalisasi Promosi Pariwisata Berbasis Media Berbahasa Arab di Era Society 5.0

  • Eka Lutfiyatun Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Durrotus Shinta UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Abstract views: 86 , pdf downloads: 72
Keywords: Pariwisata, Hospitaliti, Bahasa Arab

Abstract

Industri hospitaliti di Indonesia sangat menentukan kemajuan paraiwisata. Pelaku pariwisata harus memberikan pelayanan maksimal sehingga wisatawan yang berkunjung merasa senang karena disambut dan dilayani dengan baik. Pariwisata Indonesia merupakan salah satu tujuan favorit wisatawan mancanegara. Oleh sebab itu, pelaku industri pariwisata perlu memerhatikan aspek hospitaliti. Salah satunya adalah dengan pelayanan yang menggunakan bahasa ibu wisatawan mancanegara tersebut. Wisatawan yang paling royal adalah yang berasal dari negara-negara Arab. Dengan demikian, perlu adanya usaha untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Asing, salah satunya adalah bahasa Arab. Artikel ini adalah studi literatur yang menganalisis berbagai tulisan dan hasil penelitian sebelumnya. Data yang digunakan adalah data primer dari sumber tertulis. Tujuan untuk mengkorelasikan antara peningkatan mutu pariwisata dengan hospitaliti berbasis komunikasi berbahasa Arab. Hasil analisis dari studi ini adalah wisatawan asing yang berbahasa Arab merasakan adanya sikap ramah dan kedekatan emosional dikarenakan pelaku industri pariwisata yang melayaninya dapat berkomunikasi dengan bahasa ibu mereka. Oleh sebab itu, sangat perlu bagi pelaku industri pariwisata untuk meningkatkan mutu hospitalitinya dengan melatih kemampuan berkomunikasi dengan bahasa asing, khususnya bahasa Arab. Dengan demikian, wisatawan mancanegara dapat melakukan kunjungan kembali karena kepuasan hospitaliti yang diberikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] J. R. Mandasari, “Indonesia Bakal Garap Potensi Wisatawan Arab Saudi,” Radio Republik Indonesia. [Online]. Available: https://www.rri.co.id/wisata/745403/indonesia-bakal-garap-potensi-wisatawan-arab-saudi
[2] I. W. R. Junaedi et al., Manajemen Pemasaran Implementasi Strategi Pemasaran di Era Society 5.0. Purbalingga: CV. Eurieka Media Aksara, 2022.
[3] P. K. and G. Amstrong, Prinsip-Prisip Pemasaran. Jakarta: Erlangga, 2008.
[4] A. P. Kasih, “10 Bahasa Paling Banyak Digunakan di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?,” Kompas.com.
[5] A. Ananta, E. N. Arifin, M. S. Hasbullah, N. B. Handayani, and A. Pramono, Demography of Indonesia’s Ethnicity. New York: Institute of Southeast Asian Studies, 2015.
[6] Fitri, “Permainan Bahasa sebagai Inovasi Pemasaran Produk,” IPTEKS, vol. 2, no. 2, 2016.
[7] J. Jafari, Encyclopedia of Tourism. London: Springer Nature, 2020. doi: 10.1007/978-3-319-01669-6.
[8] I. G. Pitana and P. G. Gayatri, Sosiologi Pariwisata, vol. 1, no. 1. Yogyakarta: STBI Press, 2005.
[9] U. Machmudah, “Peran Bahasa Arab sebagai Sarana Inovasi dan Aktifitas Ekonomi Kreatif.,” Malang: UIN Malang, 2018. [Online]. Available: http://repository.uin-malang.ac.id/4806/1/4806.pdf
[10] V. Rossa, “Kemenparekraf: Pelaku Pariwisata Harus Tingkatkan Keterampilan Bahasa Asing,” Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. [Online]. Available: https://www.suara.com/lifestyle/2021/09/30/230659/kemenparekraf-pelaku-pariwisata-harus-tingkatkan-keterampilan-bahasa-asing?page=all
[11] Kurniawan, “Berbagai Manfaat Bahasa Arab.” [Online]. Available: https://www.superprof.co.id/blog/mengapa-harus-belajar-bahasa-arab/
[12] A. W. Muhbib, Epistemologi dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: UIN Press, 2008.
[13] I. K. Suwena, Pengetahuan Dasar Ilmu Pariwisata. Denpasar: Pustaka Larasan, 2017.
[14] M. A. Rizaty, “Indonesia Miliki Hampir 3 Ribu Perusahaan Wisata Komersial pada 2019,” Katadata Insight Center. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/29/indonesia-miliki-hampir-3-ribu-perusahaan-wisata-komersial-pada-2019
[15] Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Republik Indonesia, “Lima KSPN Super Prioritas Dikembangkan Melalui Perencanaan Secara Terpadu.” [Online]. Available: https://bpiw.pu.go.id/article/detail/lima-kspn-super-prioritas-dikembangkan-melalui-perencanaan-secara-terpadu
[16] Kominfo, “Kemenpar Tetapkan Top Five Pasar Utama Wisman,” Kemeterian Komunikasi dan Informasi. [Online]. Available: https://kominfo.go.id/content/detail/12577/kemenpar-tetapkan-top-five-pasar-utama-wisman/0/berita
[17] Kemenparekraf, “Statistik Kunjungan Wisatawan Mancanegara,” Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. [Online]. Available: https://kemenparekraf.go.id/statistik-wisatawan-mancanegara/Statistik-Kunjungan-Wisatawan-Mancanegara-2021
[18] M. Arman, “Mereka Berlibur dan Berbelanja di Indonesia,” Portal Informasi Indonesia. [Online]. Available: https://indonesia.go.id/kategori/budaya/2346/mereka-berlibur-dan-berbelanja-di-indonesia
[19] Disbudpar NTB, “NTB Kekurangan Pemandu Wisata Berbahasa Arab,” Dinas Budaya dan Paiwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat. [Online]. Available: http://www.disbudpar.ntbprov.go.id/ntb-kekurangan-pemandu-wisata-berbahasa-arab/
[20] F. Kristianto, “Pariwisata Bali: Pramuwisata Berbahasa Arab Masih Minim.” [Online]. Available: https://bali.bisnis.com/read/20170407/537/775245/pariwisata-bali-pramuwisata-berbahasa-arab-masih-minim
[21] G. Aditya, H. Ristanto, and . C., “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN,” JBE (Jurnal Bingkai Ekon., vol. 6, no. 1, 2021, doi: 10.54066/jbe.v6i1.99.
[22] D. Arisandi and M. N. R. Pradana, “Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam,” JMD J. Ris. Manaj. Bisnis Dewantara, vol. 1, no. 2, 2018, doi: 10.26533/jmd.v1i2.263.
[23] A. Setiyorini, U. Farida, and N. Kristiyana, “Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial, Word of Mouth, dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong,” ISOQUANT J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 2, 2018, doi: 10.24269/iso.v2i2.185.
[24] M. M. Baedowi and E. Lataruva, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kesesuaian Harga dan Intensitas Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Merek Rokok Djarum Super,” Diponegoro J. Manag., vol. 1, no. 1, 2012.
[25] F. Rangkuti, Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisis SWOT: Cara. Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Erlangga, 2013.
[26] F. Tjiptono, Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi Offset, 2016.
[27] A. Setyanto, “Pentingnya Penguasaan Bahasa dan Budaya Asing Sebagai Pendukung Utama Sektor Pariwisata,” J. Pariwisata FIB Univ. Brawijaya, vol. 1, no. 1, 2017, [Online]. Available: https://fib.ub.ac.id/wp-content/uploads/Journal-Pariwisata-_Aji-Setyanto_-Pentingnya-Penguasaan-Bahasa-dan-Budaya-Asing.pdf
Published
2024-06-29
How to Cite
Lutfiyatun, E., & Shinta, D. (2024). Optimalisasi Promosi Pariwisata Berbasis Media Berbahasa Arab di Era Society 5.0. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 6(01), 103-118. https://doi.org/10.53050/ejtr.v6i01.998

Most read articles by the same author(s)