KAJIAN ON STREET PARKING DAN HAMBATAN SAMPING TERHADAP TINGKAT PELAYANAN JALAN (Studi Kasus: Ruas Jalan Jhoni Anwar, Lapai, Kota Padang)

  • Eko Prayitno Universitas Bung Hatta Padang
Abstract views: 0 , Fulltext downloads: 0
Keywords: On street parking, side barriers, road Level of service

Abstract

Perkembangan suatu Kota terlihat pada pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat (BPS 2014 : 876,678 jiwa dan BPS 2015 : 889,646 jiwa). Jalan Jhoni Anwar merupakan Jalan Kolektor kelas IIIA dan salah satu jantung pergerakan lalulintas di Kota Padang. Dari sisi jalan Jhoni Anwar dapat dilihat sarana-sarana pendidikan, perkantoran, pangkalan militer dan pusat perbelanjaan yang mengakibatkan aktivitas di Jalan Jhoni Anwar meningkat seperti lalu lintas kendaraan atau aktivitas disamping jalan, baik pejalan kaki atau pedagang kaki lima (PKL). Hubungan ketiga variabel utama lalu lintas adalah volume, kecepatan, kepadatan yang mempunyai hubungan satu sama lainnya. Model linier greenshield adalah model paling awal yang dicatat dalam usaha mengamati perilaku lalu lintas. Pendekatan greenshield merupakan hubungan kurva sederhana yang mengemukakan hipotesis bahwa hubungan liner terjadi antara kecepatan dan kepadatan. Hasil analisa hubungan kecepatan, kepadatan dan volume didapat, tahap I hari Senin, 22 Mei 2017 didapat nilai, kecepatan (Us) = 20,23 km/jam, kepadatan (Dj) = 958,77 smp/jam, volume/kapasitas = 4765,74 smp/jam dan LOS = 0,85 (LOS = E) adalah volume lalu lintas mendekati atau berada pada kapasitas arus tidak stabil kecepatan kadang terhenti. Tahap II hari Sabtu, 27 Mei 2017 didapat nilai kecepatan (Us) = 25,03 km/jam, kepadatan (Dj) = 609 smp/jam, volume/kapasitas = 3810,81 smp/jam dan LOS = 0,78 (LOS = D) adalah arus mendekati tidak stabil, kecepatan masih dikendalikan, V/C masih dapat ditolerir.

References

Bina Marga (1997), Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Bina Jalan Kota (BINKOT).

Bina Marga (1997), Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga.

Khisti, C. J dan Lall, B. K (2005), Dasar-Dasar Rekayasa Transportasi, Edisi Ketiga Jilid 1. Erlangga.

Lucia Ingrid Regina Lefrandt (2012), Kapasitas dan Tingkat Pelayanan Ruas Jalan Piere Tendean Manado Pada Arus Lalu Lintas Satu Arah. TEKNO-SIPIL Volume 10/No. 57.

Mashuri (2006), Model Hubungan Kecepatan, Volume dan Kepadatan Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Arteri Kota Palu, MEKTEK TAHUN VIII.

Miro, F (2005), Perencanaan Transportasi, Erlangga.

PU (1990) Panduan Survey dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu LintasDirektorat Pembinaan Jalan Kota, Januari.

Tamin, O. Z (2000), Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Edisi Kedua. ITB: Bandung.

Tamin, O.Z (1992), Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu Lintas Diruas Jalan H.R Rasuna Said. Jurnal Teknik Sipil. Jurusan Teknik Sipil ITB.
Published
2024-04-29