PERHITUNGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU JALAN H.A.M. RIFADDIN KEC. LOA JANAN ILIR KOTA SAMARINDA KALIMANTAN TIMUR

  • Sumindarto POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Priyo Suroso POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • M. Salmani POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
Abstract views: 0 , Fulltext downloads: 0
Keywords: Horizontal alignment, Vertical alignment, Rigid Pavement

Abstract

Tujuan tugas akhir ini adalah untuk menghitung geometrik dan perkerasan kaku pada ruas Jalan H.A.M. Rifaddin yang merupakan perencanaan pada bentuk fisik jalan, sehingga dapat memenuhi fungsi dasar dari jalan yaitu memberikan pelayanan yang optimum pada arus lalu lintas.Perhitungan geometrik pada jalan tersebut menggunakan metode Bina Marga sedangkan untuk perhitungan perkerasan kaku menggunakan metode NAASRA.

Dari jumlah lalu lintas harian rata-rata pada ruas Jalan H.A.M. Rifaddin didapatkan klasifikasi jalan kelas 1 dengan LHR satuan mobil penumpang 47.345 kendaraan dengan kecepatan rencana 80 Km/jam. Untuk perhitungan alinyemen horizontal diperoleh 20 tikungan yang terdiri dari 15 tikungan dengan jenis SCS dan 5 jenis tikungan SS. Perhitungan alinyemen vertikal didapat 44 lengkung jalan yang terdiri dari 18 lengkung cembung dan 26 lengkung cekung. Sedangkan untuk perhitungan pelebaran tikungan pada jalan tersebut didapat 12 tikungan dengan pelebaran sebesar 0,821 m dan 8 tikungan dengan pelebaran 0,723 m. Hasil perhitungan pada tebal perkerasan kaku (Rigid Pavement) di peroleh tebal 200 mm dan dengan pondasi bawah lapisan beton setebal 100 mm.

References

Direktorat Jendral Bina Marga. 1970. ”Peraturan Perencanaan Geometrik untuk Jalan Antar Kota”. Jakarta: Penerbit PU

Dinas Pekerjaan Umum. 1997. “Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota”. Jakarta:Dirjen Bina Marga.

Hendarsin, Shirley L. 2000. ”Perencanaan Teknik Jalan Raya”. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.

Hamirhan S. 1969. “Konstruksi Jalan Raya”. Bandung: Nova.

Sukirman Silvia, 1994. “Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan Raya”, Jakarta: Nova.
Published
2024-04-29