ANALISIS PERBANDINGAN STRUKTUR RANGKA BAJA BUKAKA DAN SNI DENGAN PEMODELAN TEKLA PADA JEMBATAN BETAPUS SAMARINDA
Abstract
Jembatan merupakan salah satu infrastruktur yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pemilihan struktur atas merupakan hal yang paling utama sebelum mendesain jembatan. Diperlukan struktur yang efektif dan efisien dalam perencanaannya. Analisis ini membahas mengenai perbandingan struktur atas rangka baja tipe warren truss kelas A dengan bentang 50 m PT. Bukaka dan standard SNI yang ditinjau dari segi kekuatan dan berat kebutuhan material. Analisa pembebanan menggunakan software SAP 2000 yang mengacu pada peraturan SNI 1725:2016 sedangakan pemodelan dan perhitungan berat material menggunakan software Tekla. Analisa komponen struktur rangka baja mengacu pada peraturan RSNI T-03-2005. Hasil yang diperoleh dari studi ini adalah jembatan rangka baja PT. Bukaka memiliki nilai lendutan yang lebih kecil pada kombinasi momen terbesar dibandingkan dengan jembatan SNI. Rasio keamanan masing-masing komponen meliputi batang tarik, tekan, aksial lentur serta sambungan rangka baja PT. Bukaka dan SNI memiliki perbandingan yang sama. Untuk berat kebutuhan material rangka baja PT. Bukaka lebih ringan disbanding dengan rangka baja SNI.
References
Badan Standardisasi Nasional. (2016). SNI 1725:2016 Pembebanan untuk Jembatan. Jakarta: BSN.
Departement Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. (2005). Gambar Standar Rangka Baja Bangunan Atas Jembatan Kelas A dan B. Department Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga.
Rosyidah, A., & Negara, D.S. (2015). Pembandingan Disain Jembatan Rangka Baja Menggunakan Peraturan AASHTO dan RSNI. Jurnal Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta Vol.14 No.1
Setiawan Agus. (2008). Perencanaan Struktur Baja dengan Metode LRFD SNI 03-1729-2002. Jakarta: Erlangga.
Setiyarto, Y.D. (2017). Standar Pembebanan Pada Jembatan Menurut SNI 1725:2016. Journal Jurusan Teknik Sipil Universitas Komputer Indonesia.
Supriyadi, B., & Muntohar, A.S. (2007). Jembatan. Yogyakarta: Beta Offset.
Copyright (c) 2018 JURNAL INERSIA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.