PERENCANAAN RUAS JALAN LOLENG - MUARA KAMAN ILIR (STA 0+000 s/d 5+000) DI KECAMATAN KOTA BANGUN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Perencanaan jalan pada ruas Jalan Loleng - Muara Kaman Ilir ini dilatarbelakangi oleh banyaknya tikungan dan kelandaian yang terdapat dari STA 0+000 sampai STA 5+000. Perencanaan ini bertujuan untuk merencanakan kecepatan, tikungan dan kelandaian yang memenuhi syarat agar para pengendara aman, nyaman, lancar dan ekonomis. Adapun setelah analisa selesai dilakukan, dilakukan perhitungan tebal perkerasan kaku. Untuk merencanakantebalperkerasankakumakadibutuhkanmetodeyangefisiendanekonomis, metode yang digunakan adalah metode Bina Marga. Dari hasil perencanaan geometrik, didapatkan bahwa tikungan maupun kelandaian sesuai dengan batas aman atau syarat minimum dari teori-teori yang ada, sementara tebal perkerasan kaku pada Jalan Loleng – Muara Kaman Ilir sudah memenuhi standar aman yaitu 17 cm. Maka dengan direncanakannya jalan pada ruas jalan ini, diharapkan menghasilkan insfrastruktur yang efesien.
References
Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.(2009).Undang-Undang RepublikIndonesianomor22tentang lalu lintas dan angkutan jalan. http://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2009_22.pdf
Hendarsin Shierly. L. (2000).Penuntun Praktis Perencanaan Teknik Jalan Raya (Dasar dasarperencanaan geometrik jalan),Teknik Sipil Politeknik Negeri Bandung.
Dapartemen Pemukiman Dan Prasarana Wilayah. (2003).Perencanaan PerkerasanJalanBetonSemen(PdT- 14 2003). Jakarta.
http://adoc.site/download/pd-t-14-2003-a5b3272697798e
https://www.scribd.com/document/340334810/Konfigurasi-Sumbu-Kendaraan
Copyright (c) 2019 JURNAL INERSIA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.