PEMODELAN PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI UNTUK PERJALANAN MENUJU KAMPUS MENGGUNAKAN KENDARAAN PRIBADI DAN KENDARAAN UMUM (POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA)

  • Anton Esfianto Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 1 , Fulltext downloads: 0
Keywords: Analytic Hierarchy Process, sepeda motor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui the of karakteristik mahasiswa pengguna kendaraan pribadi dan umum, serta membuat model pemilihan moda untuk perjalanan dari tempat tinggal menuju kampus. Survei dilakukan dengan menyebarkan kuesioner pada setiap jurusan secara cluster random sampling. Hasil survei dianalisis dengan Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk menentukan urutan faktor pemilihan moda serta menguji sensitivitasnya.

Hasil analisis terhadap 156 responden memperlihatkan bahwa faktor yang paling berpengaruh dalam memilih moda mobil pribadi adalah prestise, sepeda motor adalah kemudahan dan kendaraan umum adalah keamanan.

Dari hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar mahasiswa POLNES memilih sepeda motor sebagai moda transportasi menuju ke kampus dengan pertimbangan kemudahan, kenyamanan dan waktu, sedangkan moda transportasi yang lain seperti mobil, kendaraan umum tidak menjadi pilihan utama moda transportasi. Hal ini disebabkan karena beberapa faktor diantaranya biaya, waktu tempuh dan keamanan.

References

Azwar, Saifuddin., 1998, Metode Penelitian, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Leedy, Paul D., 1989, Practical Research planning and Design, 4th Edition, Macmillan publishing Comp any, New York.

Tamin, Ofyar Z., 2000, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua, Penerbit ITB, Bandung.

Teknomo, Kardi; Hendro Siswanto dan Sebastianus Ari Yudhanto., 1999, “Penggunaan Metode Analy tic Hierarchy Process Dalam Menganalisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Ke Kampus”. Dimensi Teknik Sipil Volume 1 No. 1: 31-39, Universitas Kristen Petra, Surabaya

Saaty, T.L., 1980, The Analytic Hierarchy Process, Mc Graw-Hill, New York.

Hantoro, 2002, Bahan ajar Perencanaan Transportasi Wilayah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Yogyakarta
Published
2024-04-30