ANALISA PERBANDINGAN VARIASI TINGGI RANGKA BATANG PADA JEMBATAN RANGKA TIPE WARREN

  • Tumingan POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Budi Nugroho POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Azizah Marwa Sukma POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
Abstract views: 0 , Fulltext downloads: 0
Keywords: Jembatan Rangka Tipe Warren, Lendutan, Stress Ratio

Abstract

Jembatan rangka tipe Warren merupakan jembatan yang paling banyak ditemui di Indonesia. Karena jembatan rangka tipe Warren memiliki rasio tegangan atau stress ratio yang tidak terlalu besar sehingga  jembatan tipe Warren sering digunakan di Indonesia karena daya tahannya cukup kuat. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan jembatan tipe Warren dengan lendutan dan stress ratio paling minimum dengan berbagai variasi ketinggian. Penelitian ini dilakukan perbandingan 3 variasi tinggi jembatan 5 m, 6 m dan 7 m yang masih masuk standar ruang bebas jembatan berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2006, tinggi ruang bebas minimum adalah 5 m. Penelitian ini menggunakan program SAP2000 dengan pembebanan  sesuai peraturan SNI 1725: 2016. Hasil analisa menunjukkan bahwa semakin tinggi rangka batang jembatan maka lendutan yang dihasilkan semakin kecil, lendutan maksimum terdapat pada rangka batang dengan tinggi 5 m memiliki nilai 0,0525 m. Sedangkan semakin tinggi rangka batang jembatan maka nilai stress ratio yang dihasilkan semakin besar. Nilai stress ratio paling besar terdapat pada rangka batang dengan tinggi 7 m, yaitu 0,700 yang masih memiliki kategori aman terhadap tegangan ijinnya 0,8.

References

Ariestadi, Dian. 2008. Teknik Struktur Bangunan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Atika, Endah. 2018. Analisis Variasi Tinggi Rangka Batang Pada Jembatan Rangka Baja Tipe Pratt. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Institut Universitas Islam Indonesia. Surabaya.
Dewobroto, Wiryanto. 2017. Komputer Rekayasa Struktur dengan SAP2000. Lumina Press.
Kulicki, J.M. 2000. "Highway Truss Bridges." Bridge Engineering Handbook : CRC Press. America Serikat.
Murwanto,Y. & Eka, P. 2015. Kajian Nilai Lendutan Pada Jembatan Rangka Baja (Study Kasus Jembatan Rangka Baja Bika Kabupaten Kapuas Hulu).
Jurnal Teknik Sipil Universitas Tanjung Pura
Schodek, Daniel L, (1998).Struktur.Bandung: PT. Refika Aditama.
Standar Nasional Indonesia. 2016. Pembebanan Jembatan. Standar Nasional Indonesia 1725-2016. Jakarta
Standar Nasional Indonesia. 2020. Spesifikasi untuk Bangunan Gedung Baja Struktural. Standar Nasional Indonesia 1729-2020. Jakarta
Widiantoro, Risman. 2013. Optimalisasi Struktur Rangka Jembatan Rangka Batang Baja Tipe Warren. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya.
Published
2024-04-30