Analisis Perhitungan Plat Lantai Jembatan Pada Proyek Penggantian Jembatan Idano Eho
Abstract
Analisis perhitungan pelat lantai jembatan ini menggunakan konstruksi beton bertulang dan pelat bondek yang sebagai pelapis dasar cor. Perencanaan struktur beton dan pembebanan jembatan mengacu pada RSNI T-12-2004 (perencanaan struktur beton untuk jembatan) dan dan SNI 1725:2016 (peraturan pembebanan untuk jembatan). Tujuan perhitungan ini adalah untuk mengetahui kebutuhan tulangan lentur pada pelat lantai jembatan dan nilai lendutan yang terjadi pada pelat lantai jembatan yang telah terlaksana pada proyek penggantian jembatan Idano Eho yang berlokasi di Nias Selatan apakah aman untuk menghindari keruntuhan berulang pada jembatan tersebut. Permasalahan yang diambil adalah analisis perhitungan pelat lantai jembatan. Analisis perhitungan pelat lantai jembatan tersebut meliputi pelat lantai itu sendiri. Perencanaannya meliputi tulangan lentur positif dan negatif. Beban yang dianalisis meliputi beban hidup, beban lalu lintas, beban gaya rem, beban pengaruh temperatur, beban gempa dan beban akibat angin. Dari hasil analisis, dihasilkan tulangan pokok D16-150 mm dan tulangan bagi D13-200 mm dimana variasi penulangan ini telah sesuai dengan yang ada di lapangan dan nilai lendutan 2,79.10-7 yang aman untuk jembatan. Untuk pelat lantai jembatan digunakan pelat dengan tebal 250 mm, lebar 9000 mm, dan panjang 60000 mm.
References
Struktur Beton Untuk Jembatan. Rsni T-122004. Jakarta. Badan Standarisasi Nasional. 2016. Perencanaan Jembatan Terhadap Beban Gempa. Sni 28332016. Jakarta.
Badan Standardisasi Nasional. (2016). SNI
1725:2016 Pembebanan Untuk Jembatan.
Badan Standarisasi Nasional, 1–67.
Hafizha, S. R. (2021). Analisis Struktur Pelat
Lantai Jembatan Pada Proyek Jalan Tol
Tebing Tinggi – Inderapura Skripsi Oleh :
Fakultas Teknik Analisis Struktur Pelat Lantai
Jembatan Pada Proyek Jalan Tol Tebing
Tinggi Inderapura Diajukan Sebagai Salah
Satu Syarat Untuk Mempe.
Hasudungan, H. I., & Nurmaidah, N. (2021).
Evaluasi Perhitungan Bangunan Atas Jembatan
Komposit. Journal Of Civil Engineering
Building And Transportation, 5(1), 26–36.
Https://Doi.Org/10.31289/Jcebt.V5i1.5071
Maharani, I. G. A. E. (2021). Perencanaan Struktur
Atas Jembatan Rangka Baja 78 Sungai Ihi
Kabupaten Barito Selatan. Skripsi. Surabaya:
Universitas 17 Agustus 1945, 1–15.
Pamungkas, F., & Basuki, S. T. (2017). Perencanaan Struktur Jembatan Beton Bertulang Tipe Gelagar
Di Kalicemoro. Http://Eprints.Ums.Ac.Id/Id/Eprint/55904%0Ahttp://Eprints.Ums.Ac.Id/5590 4/21/HALAMANDEPAN-Libraryums-Fajar.Pdf
Pelayangan, K. E. C., & Jambi, K. (2019). No Title.
Setiyarto, Y. D. (2017). Standar Pembebanan Pada
Jembatan Menurut SNI 1725:2016. The
Loading Standards On Bridges According To SNI 1725 2016, 9, 8.Https://Repository.Unikom.Ac.Id/54571/1/Vii-10-Y.Djoko-Setiyarto-Standar-PembebananPada-Jembatan.pdf
Denny, O., & Wahyu, A. (n.d.). PERENCANAAN STRUKTUR JEMBATAN COMPOSITE DI DESA KEBUNAGUNG
Gontar, D. I. D. (2022). Perencanaan struktur atas jembatan komposit di desa gontar. 3(2), 26– 32.
Umum, K. P., Rakyat, D. A. N. P., Jenderal, D., Karya, C., Pengembangan, D., & Permukiman, K. (n.d.). Kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat direktorat jenderal cipta karya direktorat pengembangan kawasan permukiman