Analisa Penerapan Manajemen Waktu Pada Proyek Pembangunan Bendungan Lau Simeme

  • Fanycia Dwi Putri Universitas Medan Area
  • Melloukey Ardan Universitas Medan Area
Abstract views: 3 , Fulltext downloads: 2
Keywords: Kontruksi, CPM (Critical Path Method), Durasi

Abstract

Proyek kontruksi menjadi suatu kegiatan yang sangat penting dan memerlukan penerapan manajemen waktu yang baik. Ada banyak faktor yang dapat menjadi penyebab terjadinya keterlambatan, maka dari itu diperlukan suatu analisa mengenai pelaksanaan manajemen waktu proyek. Pada penelitian ini digunakan metode CPM (Critical Path Method) untuk menghitung total durasi dan manajemen waktu dalam melakukan percepatan dalam suatu proyek. Total durasi yang telah didapat akan di crashing untuk mendapatkan waktu yang lebih cepat agar proyek dapat selesai secepat mungkin. Hasil penelitian ini pada proyek pembangunan Bendungan Lau Simeme terdapat 12 jalur kritis dan menghasilkan total waktu 984 hari.

References

Al Ghozali, M. F., & Marsudi, S. (2021). Studi
Perencanaan Manajemen Pelaksanaan
Penjadwalan Pembangunan Konstruksi Bangunan Intake dan Jaringan Pipa Transmisi Air Baku di Kecamatan Kotabangun Kabupaten Kutai Kartanegara. Jurnal Teknologi dan Rekayasa Sumber Daya Air, 1(2), 405-416.
Ardani, A. (2009). Analisa Penerapan Manajemen Waktu pada Proyek Konstruksi Jalan (Studi Kasus: PT. Sabaritha Perkasa Abadi, PT. Sinar Kasih Reinhard, PT. Dian Perkasa) (Doctoral dissertation, Universitas Sumatera Utara).
Astuti, D. T. (2022). ANALISA PENGENDALIAN MANAJEMEN WAKTU PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SD ISLAMIC CENTER DENGAN METODE NETWORK PLANNING. KURVA MAHASISWA, 12(2), 88-98.
Gerung, J. O., Dundu, A. K. T., & Mangare, J. B. (2016). Analisa Penerapan Manajemen Waktu Pada Pembangunan Jaringan Daerah Irigasi Sangkup Kiri. Jurnal Sipil Statik,
4(7).Hasibuan, S. A. R. S. H., & Ardan, M. (2022). Analisis Penerapan Manajemen
Waktu Pada Proyek Pembangunan Gedung Rektorat dan Auditorium Akademi Pariwisata Medan. Jurnal Teknik Sipil: Rancang Bangun, 8(2), 156-162.
Hidayat, A., & Ramadhany, C. (2022). ANALISA PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN GANTUNG LUBUK ULAK DENGAN METODE CPM. Bearing: Jurnal Penelitian dan Kajian Teknik Sipil, 7(2), 71-79.
Khoderi, R., & Garside, A. K. (2021, June). Analisis
Manajemen Waktu Pada Pekerjaan Pembangunan Gedung Lantai 3 Komite Medik. In Seminar Keinsinyuran Program Studi Program Profesi Insinyur (Vol. 1, No. 1).
Kiswati, S., & Chasanah, U. (2019). Analisis konsultan manajemen konstruksi terhadap penerapan manajemen waktu pada pembangunan rumah sakit di Jawa Tengah. Neo Teknika,5(1).
Rani, H. A. (2016). Manajemen Proyek Konstruksi.
Mahapatni, I. A. P. S. (2019). Metode Perencanaan
dan Pengendalian Proyek Konstruksi. Rompas, L. M. (2021). Analisis Manajemen Waktu
Pada Proyek Konsultan Pekerjaan Penyusunan Dokumen Studi Kelayakan Dermaga Sebagai Terminal Khusus Cocotinos Sekotong A Boutique Beach Hotel And Resort. TEKNO, 19(78).
Sholeh, M. N. (2020). Manajemen Rantai Pasok
Konstruksi. Pustaka Pranala
Siswanto, A. B., & Salim, M. A. (2019). Manajemen Proyek. CV. Pilar Nusantara.
Sitanggang, N., Simarmata, J., & Luthan, P. L. A. (2019). Pengantar konsep manajemen proyek untuk teknik. Yayasan Kita Menulis.
Soeharto, Iman. 1999. Manajemen Proyek. Jakarta: Erlangga.
Widiasanti & Lenggogeni, (2013). Manajemen Kontruksi. Penerbit PT. Remaja
Rosdakarya, 2013 Yustika, N. (2022). KENDALA PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN WAKTU PADA PROYEK KONSTUKSI (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Indonesia).
Published
2024-05-03