Analisis Biaya Operasi Kendaraan dan Penentuan Load Factor Minimal Kendaraan Bus Trans Jogja Rute 3B

  • Fauzan Prima Yodha UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA
  • Maria Laura Alviani Muda Makin UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA
  • Okkie Putriani UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA
Abstract views: 1 , fulltext downloads: 3
Keywords: Biaya Operasi Kendaraan, Load Factor, Trans Jogja

Abstract

Salah satu metode transportasi yang dapat digunakan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan mengurangi bangkitan dan tarikan perjalanan di suatu wilayah adalah angkutan umum, salah satunya adalah Trans Jogja. Trans Jogja diharapkan dapat memperbaiki sistem angkutan di perkotaan wilayah Yogyakarta yang ada, sehingga tercipta angkutan umum perkotaan yang aman, nyaman dan tepat waktu. Salah satu trayek atau rute dari Trans Jogja yang memiliki rute paling panjang adalah rute 3B dari Terminal Giwangan ke Terminal Condongcatur yang memiliki rute 19,4 km dengan melewati 17 Halte. Untuk mengetahui kebutuhan operasional dari penyelenggaraan rute tersebut perlu dilakukan analisis Biaya Operasi Kendaraan (BOK) untuk armada yang digunakan, dan didapatkan hasil bahwa Biaya Operasi Kendaraan (BOK) Trans Jogja Rute 3B adalah sebesar 5.675 Rp/Km yang terdiri dari biaya tidak tetap sebesar 2.556 Rp/Km dan biaya tetap sebesar 2.604 Rp/Km serta biaya overhead sebesar 519 Rp/Km. Dari hasil tersebut dihitung pula besaran pendapatan rata rata yang diperoleh oleh kendaraan bus Trans Jogja Rute 3B adalah sebesar 5.196 Rp/Km sehingga kendaraan Trans Jogja Rute 3b memiliki fare box ratio sebesar 0,92 yang artinya penyelenggara mendapatkan kerugian dan didapatkan hasil load factor minimal agar penyelenggara mendapatkan keuntungan adalah minimal 68%.

References

Arlendatama, N., Chumaidiyah, E., Aryani, S. (2019, Agust 2). Analysis Of Alternative Selection Replacement Of Business Facilities On Strartup Tourism Bus Rental Po. XYZ Using Incrementasl Analysis Method. E-Prociding Of Engineering : Vol. 6.
Firdusi, M., Winaya, A., Barros, Rozelia. (2020). Evaluasi Tarif Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) di Terminal Purabaya (Bungurasih) Untuk Bus Damri P8. Jurnal Teknik Sipil, Vol. 1, No. 1, PP 7-11.
Khairunnisa, R., Arifin, Z. (2018). Analisis Penentuan Tarif Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan. Rekayasa Sipil, Vol. 7, No. 1, PP 43-44.
Perdana, H., Debataraja, N. N., Amin, A. (2017). Penentuan Nilai Internal Rate Of Return Dengan Metode Newton-Raphson Pada Kasus Pengkreditan Kendaraan Bermotor. Bimaster, Vo. 6, no. 2, PP 77-84.
Purwaningsih, R., Nugroho, H. (2015). Analisis Tarif Berdasarkan Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan Willingness To Pay (WTP) Pada Bus Akap Kelas Executive. Jurnal Teknik Industri, Vol. x, No. x, PP x-x.
Yanuar, A., Utama, K. R. D. G. (2015). Analisis Perbandingan Biaya Angkutan PT Pos Logistis Indonesia Rute Bandung – Surabaya Antara Armada Milik Sendiri Dengan Sewa Berdasarkan Biaya Operasi Kendaraan (BOK). Jurnal Logstistik Bisnis, Vol. 6, No. 1.
Published
2024-04-30