Rehabilitasi Oprit Menggunakan Metode Slab On Pile Slab Studi Kasus Jembatan Putri Petong Sungai Kendilo

  • La Jayani POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Priyo Suroso POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
  • Insan Kamil POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
Abstract views: 3 , fulltext downloads: 3
Keywords: Pile Slab, Jembatan Putri Petong, Pembebanan, Uji SPT

Abstract

Dengan melihat usia konstruksi jembatan Putri Petong Sungai Kendilo di Penajam Paser Utara yang berusia    kurang lebih 10 tahun  secara visual terjadi penurunan fungsi diberbagai elemen jembatan terutama dibagian  oprit jembatan,   dengan elevasi kemiringan oprit 5%. Dan telah terjadi penurunan kurang lebih 31,5 cm. Penurunan oprit dapat mendorong gelagar dan lantai jembatan yang berujung kegagalan struktur. Oleh karena itu perlu analisa dan evaluasi untuk merencanakan konstruksi yang memenuhi syarat dari sisi keamanan sturuktur jembatan dan kenyamanan berlalu lintas  yang bertujuan untuk  menyajikan perencanaan konstruksi pile slab sebagai pengganti oprit jembatan yang mengalami penurunan sehingga dapat mengetahui daya dukung tanah dalam menilai kemampuan daya dukung tiang pancang dalam memikul beban yang ada. Metode yang digunakan adalah pendekatan perhitungan data tes lapangan yaitu SPT dan menggunakan perhitungan pembebanan untuk menganalisis struktur dalam memikul beban tanah, data tanah, data pembebanan, dan analisis rancangan pile slub. Dari hasil analisis dan perhitungan perencanaan pile slab cocok dan relevan digunakan untuk memenuhi syarat dari sisi keamanan struktur jembatan dan kenyamanan berlalu lintas dan juga sebagai pengganti oprit jembatan yang mengalami penurunan. Berdasarkan Analisa dan perhitungan yang dilakukan dapat direncanakan pondasi pile slab dengan dimensi diameter 0,5 meter tebal 0,25 m dan Panjang 54 meter dengan susunan jumlah tiang dalam arah memanjang sebanyak 10 buah, jumlah tiang dalam satu baris sebanya 5 buah dan jumlah tiang total sebanyak 50 buah. Dari hasil analisis plaxis diketahui penurunan sebesar 6,083 x 10-3 dalam waktu kurun waktu 3 bulan

References

Amris Azizi, M Agus Salim , Gilang Ramadhon, 2020. Analisis Daya Dukung Dan Penurunan Pondasi Tiang Pancang Proyek Gedung DPRD Kabupaten Pemalang. Universitas Muhammadiyah Sorong.

Apriani Dyah Wahyu dan Arum Dwicahyani, 2019. Prediksi Penurunan Tanah Timbunan Studi Kasus Pembangunan Rumah Susun Sewa Intitut Teknologi Kalimantan. Institut Teknologi Kalimantan.

Claudio Daniel Sorongan, Fabian J. Manoppo, Steeva G. Rondonuwu, 2018. Analisa Pile Slab Pada Tanah Rawa (Jalan Tol Manado – Bitung). Jurnal Tekno Vol.16 No.70, 2018 ISSN: 0215-9617.

Efendi, Aco Wahyudi , 2020. Modeling of Soil Subsidence in IKN using numerical analysis of thefinite element method LISA V.8.

Efendi, Aco Wahyudi , 2022. Repair Analysis of Pinang Bridge Oprit Subsidence With Mortar Form Using LISA FEA. Universitas Tridharma.

Fachridia Luthfiani, Ilham Nurhuda, Indrastono Dwi Atmanto, 2017. Analisis Penurunan Bangunan Pondasi Tiang Pancang Dan Rakit Pada Proyek Pembangunan Apartemen Surabaya Central Business District. Universitas Diponegoro Semarang.

Hadi Kusumah, Hartono, 2020. Analisa Daya Dukung Dan Penurunan Tanah Terhadap Pondasi Telapak Di Pembangunan Ruko Jl Pelabuhan Ii Kota Sukabumi. UMMI.

Setiyarto Y. Djoko, Standar Pembebanan pada Jembatan Menurut SNI 1725 2016. Universitas Komputer Indonesia.

Supriyadi Bambang dan Muntohar Setyo Agus 2007. Jembatan Cetakan Pertama. Yogyakarta : Beta Offset Kavling Madukismo 28.

Sutarman,, Encu 2013. Konsep dan Aplikasi Pengantar Teknik Sipil Bandung. Andi Offset.

Thomas Marcellino Santoso, Muhammad Sigit Wahyudi, Muhrozi, Indrastono Dwi Atmanto, 2022. Analisis Struktur Slab On Studi Kasus Jalan Tol Semarang – Demak Seksi 2. Jurnal Teknika 17 (1) (2022) 21-34.
Published
2024-04-30