Inovasi Metode Kerja Sliding Formwork U-Ditch sebagai Dukungan Percepatan Pelaksanaan Paket I.4-Pembangunan Jalan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang

  • Tisara Sita Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  • Supriyono PT PEMBANGUNAN PERUMAHAN (Persero) Tbk
Abstract views: 1 , fulltext downloads: 2
Keywords: U-Ditch; sliding formwork; Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang

Abstract

Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) yang terletak di Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Dukungan Direktorat Jenderal Bina Marga pada Pembangunan KIT Batang diwujudkan dengan pembangunan jalan di dalam kawasan dan jalan akses menuju kawasan, salah satunya adalah Paket I.4-Pembangunan Jalan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang (Paket I.4-KITB). Paket ini merupakan crash program pembangunan jalan rigid pavement sepanjang 19,17 km yang harus diselesaikan dalam waktu 8,5 bulan dengan pagu anggaran Rp619 Miliar. Oleh karena itu, diperlukan inovasi metode kerja dalam rangka mendukung percepatan pelaksanaan pekerjaan Paket I.4-KITB agar dapat selesai tepat waktu, mutu, dan biaya. Salah satu inovasi yang dikembangkan oleh paket ini adalah metode sliding formwork dalam pembuatan U- Ditch. Penggunaan sliding formwork dibandingkan dengan metode cor di tempat (in situ) konvensional akan menghasilkan mutu sesuai spesifikasi, dimensi sesuai dengan shop drawing, serta secara estetika terlihat lebih baik. Biaya pelaksanaan lebih rendah karena metode sliding formwork tidak memerlukan penggunaan alat berat untuk menggeser panel bekisting. Produktivitas pekerjaan U-Ditch dapat ditingkatkan semula 24 meter per hari menjadi 48 meter per hari per grup pekerja. Inovasi sliding formwork dapat diterapkan di proyek konstruksi lain, karena proyek jalan identik pula dengan pekerjaan saluran, sehingga dapat dilakukan modifikasi dimensi sesuai dengan desain saluran proyek tersebut. Inovasi dalam pelaksanaan pekerjaan konstruksi merupakan salah satu bentuk kesigapan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam membangun negeri.

References

Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan 2021. Surat Deputi Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Nomor S-77/D1/03/2021 tanggal 15 Februari 2021 tentang Pendapat dan Rekomendasi Pelaksanaan Penugasan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Direktorat Jenderal Bina Marga. 2020. Surat Edaran Direktur Jenderal Bina Marga Nomor 16.1/SE/Db/2020 tentang Spesifikasi Umum Bina Marga 2018 untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan Jembatan (Revisi 2). Ditjen Bina Marga.

PPK 1.6 Provinsi Jawa Tengah dan PP-MK-SPBPS, KSO (2021-2022). Dokumen Kontrak Paket I.4-Pembangunan Jalan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang.

PP-MK-SBPS, KSO. 2020. Metode Pelaksanaan Pekerjaan Paket I.4-Pembangunan Jalan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. Dokumen Lelang.

PT Kawasan Industri Terpadu Batang (2021). Master Plan Kawasan Industri Terpadu Batang.

Republik Indonesia. 2020. Peraturan Presiden Nomor 109 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga Atas Perpres Nomor 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional (PSN). Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2020 Nomor 259

Novitri, S. T., Djamaluddin, R., & Irmawati, R., 2017. Studi Standar Desain dan Produksi U- Ditch Pracetak. Hasanuddin University Repository.

Sita, Tisara., 2022. Review Desain Box Utilitas 1,5 X 1,5 dan U-Ditch 2,0 X 2,0 Paket I.4 - Pembangunan Jalan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang. Makalah.

Sitepu, Jhosep., 2021. Laporan Kerja Praktik Proyek Paket I.4 – Pembangunan Jalan Kawasan

Industri Terpadu (KIT) Batang. Universitas Gadjah Mada.

Standar Nasional Indonesia. 2012. SNI 7833:2012 Tata Cara Perancangan Beton Pracetak dan Beton Prategang untuk Bangunan Gedung.
Published
2024-04-30