Dampak Layanan terhadap Kepuasan Wisatawan di Tempat Wisata Gunung Kelud, Kabupaten Kediri

  • Sabna Fatmala Sari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Indonesia
  • Edouard Aryadi Supriyadi Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta
  • Kombang Haryadi Hananto Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo Yogyakarta, Indonesia
Abstract views: 46 , pdf downloads: 34
Keywords: Pengaruh Layanan, Kepuasan Wisatawan, Gunung Kelud.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pelayanan dan persepsi wisatawan terhadap kualitas layanan di Kawasan Wisata Gunung Kelud Kabupaten Keidiri. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan dan analisis data yang menggunakan angka kuantitatif. Lokasi penelitian tersebut adalah di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Populasi penelitian tersebut pengunjung Objek Wisata Gunung Kelud, dengan total kunjungan pada tahun 2022 sebanyak 129.703 orang. Sampel dipilih menggunakan Purposive Sampling melalui Google Form kepada responden yang telah mengunjungi objek wisata tersebut. Jumlah sampel ditentukan dengan rumus Slovin. Instrumen penelitian berupa kuisioner dengan skala Likert untuk mengukur sikap dan persepsi wisatawan terhadap layanan di Wisata Gunung Kelud. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan kuisioner kemudian dianalisis menggunakan uji asumsi klasik, regresi sederhana, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Pelayanan Wisata dan Kepuasan Wisatawan di Wisata Gunung Kelud. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebesar 61% dari tingkat kepuasan wisatawan, ini berarti bahwa pelayanan wisata memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap Kepuasan Wisatawan di Kawasan Wisata Gunung Kelud. Namun, terdapat 39% sisanya yang dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Abadi, F., & Herwin, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan
Wisatawan Berdampak kepada Perilaku Masa Depan Wisatawan Domestik. Management and Accounting Expose, 3(2).
[2] Alana, P. R., & Putro, T. A. (2020). Pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap
kepuasan wisatawan pada Goa Lowo Kecamatan Watulimo Kabupaten Trenggalek. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (Penataran), 5(2), 180-194.
[3] Alvianna, S., & Hidayatullah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Harga Layanan dan Kepuasan
terhadap Kesetiaan Usia Millenial Berkunjung ke Tempat Wisata. Media Wisata, 18(1), 69-80.
[4] Anggraini, T., Nurcahyanto, H., & Marom, A. (2023). STRATEGI PENGEMBANGAN
PADA KAWASAN WISATA GUNUNG KELUD DI KECAMATAN NGANCAR, KABUPATEN KEDIRI. Journal of Public Policy and Management Review, 12(2), 750-762.
[5] Azliansyah, T., Margaretha, R., & Sinaga, D. (2020). Pengaruh Promosi Wisata dan
Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Wisatawan pada Objek Wisata Istana Maimun Medan. Jurnal Prointegrita, 4(1), 185-200.
[6] Damanik, D., & Purba, E. (2020). Analisis daya saing sektor pariwisata Di Kabupaten
Simalungun. Jurnal Ekuilnomi, 2(2), 116-125.
[7] Darojat, I. (2021). Analisis Pengaruh Daya Tarik Wisata dan Kualitas Pelayanan
Terhadap Minat Berkunjung Ulang Dengan Kepuasan Pengunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Citra Raya Water World). Dynamic Management Journal, 5(1), 23-37.
Published
2024-08-17
How to Cite
Sabna Fatmala Sari, Supriyadi, E. A., & Kombang Haryadi Hananto. (2024). Dampak Layanan terhadap Kepuasan Wisatawan di Tempat Wisata Gunung Kelud, Kabupaten Kediri. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 6(01), 119-126. https://doi.org/10.53050/ejtr.v6i01.1004