Makna Konotasi (Makna Afektif Dan Asosiatif) Slogan Kabupaten Bogor The City of Sport And Tourism

  • Sari Rejeki Universitas Pakuan,Bogor,Jawa Barat
  • Qoute Nuraini Cahyaningrum Universitas Pakuan,Bogor,Jawa Barat
Abstract views: 984 , PDF downloads: 748
Keywords: Slogan, Afektif, Asosiatif, City Branding, Sport, Tourism, Bogor

Abstract

Konotasi adalah asosiasi emosional yang dibawa oleh sebuah kata atau kalimat, sebagai tambahan pada makna yang eksplisit atau makna yang sebenarnya. Asosiasi emosional termasuk pada makna afektif dan asosiatif.Penelitian ini menganalisis makna konotasi (afektif dan asosiatif) pada kata Sport and Tourism dalam slogan Bogor Sport and Tourism. Tujuan lain penelitian ini untuk mencari apakah pesan daris logan tersebut sudah sesuai dengan persepsi informan atau belum. Penelitan ini memakai metode penelitian deskriptif kualitatif. Para informan diwawancarai untuk mencari makna afektif dan makna asosiatif dari kata utama slogan kabupaten Bogor.Kata Sport menghasilkan perasaan positive, sementara tourism bisa memunculkan makna positive dan negatif. Secara keseluruhan, asosiasi kata sport and tourism berhubungan dengan harapan tentang pariwisata yang ideal. Berhubungan dengan Kabupaten Bogor, kata-kata tersebut menimbulkan rasa penghargaan dan rasa bangga pada Kabupaten Bogor. Hal ini juga berhubungan dengan harapan peningkatan fasilitas yang mendukung industri pariwisata Kabupaten Bogor. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pesan yang dikomunikasikan dalam slogan, Bogor The City of Sport and Tourism sama dengan persepsi afektif dan asosiatif informan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chaer, Abdul. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.2009.

Darmojuwono, Setiawati. Semantik. 2005. In Kushartanti, Untung Yuwono, Multamia RMT Lauder (Ed). Pesona Bahasa Langkah Awal Memahami Linguistik. (114-122). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2009.

Indah, Imelda Kemara. Persepsi Masyarakat Tentang Slogan Solo The Spirit Of Java (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Masyarakat Kota Surakarta Tentang Slogan Solo The Spirit Of Java). https:// digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/37571/Persepsi Masyarakat Tentang Slogan Solo The Spirit Of Java (Studi Deskriptif Kualitatif Persepsi Masyarakat Kota Surakarta Tentang Slogan Solo The Spirit Of Java) (uns.ac.id). 2014

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online. Arti kata konotasi. https:// kbbi.kemdikbud.go.id//entri/KONOTASI. 2021.

Pateda, Mansoer.Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta. 2010

Pranawengtyas, Widyastuti . 2014. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/37598/Media Sosial Dan City Branding (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas City Branding Kota Solo Melalui Akun Twitter @Tentangsolo) (uns.ac.id). 2014

Rahmanto, Andre. City Branding. Strategi Komunikasi dalam Memasarkan Potensi Daerah. Malang: Empatdua Media. 2020

Widhayani, Arrie. Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster. HM Publisher; Sukoharjo. 2020

Zurifan, Reza. Bogor Makin Pede dengan Titel The City of Sport and Tourism. https://www.inilahkoran.com/bogor/pr-1181012826/bogor-makin-pede-dengan-titel-the-city-of-sport-and-tourism. 2019

Published
2022-01-05
How to Cite
Rejeki , S., & Cahyaningrum, Q. N. (2022). Makna Konotasi (Makna Afektif Dan Asosiatif) Slogan Kabupaten Bogor The City of Sport And Tourism . EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 3(02), 206-220. https://doi.org/10.53050/ejtr.v3i02.198