Pengembangan Industri Pariwisata Sumatera Barat Berbasis Kearifan Lokal Melalui Aplikasi “Sirancak”

  • Seppi Mustion Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Putri Diani Sausan Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
  • Milla Febriza Perbankan Syariah, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, Indonesia
Abstract views: 158 , pdf downloads: 98
Keywords: Pariwisata, Kearifan Lokal, Aplikasi

Abstract

ekonomi islam yang berkeadilan. Pesatnya perkembangan teknologi digital yang ditandai dengan kehadiran sejumlah alat komunikasi mutakhir, dimana setiap orang dapat mengolah, memproduksi, serta mengirimkan maupun menerima segala bentuk pesan atau informasi komunikasi dimana saja dan kapan saja, seolah-olah tanpa mengenal batasan ruang dan waktu, dengan sendirinya telah memacu terjadinya perkembangan disektor ekonomi kreatif dan industri wisata halal. Untuk mengetahui perkembangan industri wisata halal dalam menyongsong era baru ekonomi islam yang berkeadilan dan berkemanusiaan melalui aplikasi “Sirancak” dan Mengembangkan industri pariwisata Sumatera Barat berbasis kearifan lokal melalui aplikasi “Sirancak”.Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yakni Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Pemilihan model ini dilakukan karena memberikan perangkat panduan yang dinamis serta fleksibel dalam mengembangkan industri pariwisata secara sistematis dan efektif melalui aplikasi, dimulai dengan melakukan analisis terhadap pentingnya aplikasi untuk pengembangan industri pariwisata dengan mengumpulkan data berdasarkan hasil wawancara, mendesain dan mengembangkan produk, yakni aplikasi untuk industri pariwisata, selanjutnya melakukan implementasi dan evaluasi terhadap apalikasi yang telah dirancang. Penelitian ini menghasilkan rancangan aplikasi industri pariwisata sirancak yang telah divalidasi dengan hasil valid yakni rata-rata nilai 3,45 berdasarkan penilaian ahli pariwisata dan manajemen pemasaran,serta diperoleh hasil 3,55 berdasarkan penilaian ahli informasi dan teknik informatika, dengan demikian dapat dikatakan bahwa aplikasi yang telah dirancang adalah layak digunakan setelah revisi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Heliany, I. (2021). Wonderful Digital Tourism Indonesia Dan Peran Revolusi Industri Dalam Menghadapi Era Ekonomi Digital 5.0. Vol. 1, No. 1, September 2019, pp. 21-35 , 21-35.

Maharani,shinta. .2019 Ekonomi digital:peluang dan tantangan masa depan terhadap ekonomi syariah di indonesia. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.hal 25-26

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2011 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Nasional Tahun 2010– 2025.

Pitana I Gde dan Gayatri Putu G. 2005. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: Andi Offset.

Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehata RI. 2014. Peyandang Disabilitas pada Anak. Jakarta.

Soebagyo. 2012. Strategi Pengembangan Pariwisata di Indonesia. Jakarta Selatan : Fakultas Ekonomi: Universitas Pancasila.

Sinedu, Widya. 2015. Masyarakat Ekonomi Asean. Bulletin Komunitas Asean Edisi 7. Jakarta Pusat

Wahdiniwaty, Rahma. 2012. Aksesibilitas Wisata pada Kota Metropolitan di Negara Berkembang. Jakarta : Fakultas Ekonomi: Universitas Komputer Indonesia.

Sugiyono,Metode penelitian kuantitatif,ku alitatif,dan R&D,(Bandung:alfabeta, 2018)h.297

Karyono,A. Hari.1997,Kepariwisataan.Jakarta:Gramedia widisarana Indonesia

Sumanto. 1995 Metodelogi Penelitian dan Pendidikan.yogyakarta:Andi offset

Nazir,M.N 1998.Metodelogi Penelitian.Jakarta:Ghalia Indonesia..

Published
2023-12-21
How to Cite
Seppi Mustion, Putri Diani Sausan, & Milla Febriza. (2023). Pengembangan Industri Pariwisata Sumatera Barat Berbasis Kearifan Lokal Melalui Aplikasi “Sirancak”. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 5(02), 256-267. https://doi.org/10.53050/ejtr.v5i02.695