DESAIN SARANA ANGKUT UNTUK PETANI GARAM

  • Maulana Raihan Vegansyah Gautama Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Mochamad Junaidi Hidayat Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Abstract views: 95 , pdf downloads: 65
Keywords: Desain, Panen Garam, Sarana Angkut

Abstract

Proses panen adalah proses dimana para petani mendapatkan hasil dari pengelolahan sumber daya alam yang kemudian dijual untuk kebutuhan rumahan hingga sektor industri. Garam merupakan sebuah kristal berwarna putih yang memiliki rasa asin dan dihasilkan dari mengelolah serta membudidayakan air laut oleh para petani tambak. Hasil panen garam dibawa menuju gudang penyimpanan oleh para petani garam dari tambak menuju gudang penyimpanan menggunakan kendaraan bermotor roda dua atau sepeda motor dengan berat muatan mencapai 180 Kg. Proses angkut hasil panen garam ini memiliki sebuah permasalahan dimana para petani menjadi terbebani dengan adanya muatan didepan dan menyebabkan kesulitan berbeblok hingga rasa sakit yang dirasakan oleh pengemudi karena harus menahan beban. Tujuan dari penelitian ini adalah dengan mendesain sebuah sarana angkut untuk petani garam dalam mengangkut hasil panen garam. Data penelitian yang diambil guna menunjang penelitian ini adalah dengan mengunakan metode mix method atau metode campuran yang data nya diambil dengan wawancara, kuisioner, literatur seperti buku, jurnal, dan sumber website, observasi lapangan pada kegiatan panen dan angkut hasil panen oleh petani garam, serta simulasi pada desain, data tersebut kemudian dilakukan analisis oleh peneliti menggunakan analisis kebutuhan untuk melihat bagaimana kebutuhan desain terhadap produk yang desain pada penelitian ini guna menyelesaikan permasalahan pada proses angkut hasil panen garam oleh petani garam, selain itu konsep perancangan desain yang digunakan menggunakan minimalis utility dimana pada desain yang dibuat mengedepankan sisi fungsi dan kesederhanaan bentuk dibandingkan dengan aspek lainnya. Hasil desain akhir yang dibuat oleh peneliti kemudian dilanjutkan pada tahap produksi hingga uji coba produk untuk melihat bagaimana produk saat digunakan dilapangan oleh petani garam dan dapat memuat 3 karung dengan berat 180 Kg, serta dilakukan pameran yang dilakukan di kampus Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya guna memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang hasil akhir dari penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Supriyati, "METODE PENELITIAN GABUNGAN (MIXED METHODS)," Widyaiswara BDK Surabaya.

Y. Sulastini, "Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Subtema Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia (Penelitian Tindakan Kelas Pada Tema 9 Kayanya Negeriku di Kelas IV SD Negeri Drawati 02 Kabupaten Bandung)," S1, Universitas Pasundan, Bandung, 2017.

Published
2022-09-03
How to Cite
Vegansyah Gautama, M. R., & Hidayat, M. J. (2022). DESAIN SARANA ANGKUT UNTUK PETANI GARAM. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 10(2), 6. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v10i2.227