KAJIAN DAMPAK POSITIF PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN MOTORIK ANAK
Abstract
Anak merupakan generasi penerus serta investasi masa depan bangsa sehingga pendidikan untuk anak usia dini sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap negara. Johnson (2008) mengemukakan bahwa bermain merupakan cara anak-anak belajar tentang diri sendiri dan dunia di mana mereka berada. Dalam proses bermain, anak-anak akan menguasai situasi secara akrab, dan mereka dapat belajar menguasai hal yang baru kecerdasan dan kepribadian mereka berkembang. Media permainan puzzle merupakan media permainan yang bisa menunjang anak dalam meningkatkan aspek kognitif, yaitu kemampuan pemecahan masalah dalam diri anak dengan gaya yang menyenangkan bagi anak usia dini. Yang dipilih adalah gerobak karena bentuknya memiliki ciri khas kehidupan sehari-hari ala budaya Indonesia dan mudah ditemui di sekitar kita. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa media permainan puzzle merupakan media permainan yang bisa menujang anak dalam meningkatkan aspek kognitif, yaitu kemampuan pemecahan masalah dalam diri anak dengan gaya yang menyenangkan bagi anak usia dini. Terdapat beberapa manfaat dari bermain puzzle, hal ini sependapat dengan pernyataan Martuti (2008) terkait manfaat puzzle, yaitu: Meningkatkan keterampilan kognitif, meningkatkan keterampilan motorik halus, melatih koordinasi antara mata dan tangan, meningkatkan ketrampilan sosial, melatih logika, melatih kesabaran, dan memperluas pengetahuan.
Downloads
References
Al-Azizy, & A.Suciaty. (2010). Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Otak Daya Ingat. Jogjakarta: Diva Press.
Ardhianto, N. (2002). Kajian Pembuatan dan Penilaian Mutu GitarAkustik Menggunakan Kayu Mahoni (Swietenia mahagoni Jack.) dan Sonokeling (Dalbergia latifolia Roxb.). (S1). Institut Pertanian Bogor, Bogor.
Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligence in the Classroom 3rd Edition: ASCD Member Book.
Barnadib, I. (1982). Arti dan metode sejarah pendidikan / Imam Barnadib. Yogyakarta: Yayasan penerbit FIP-IKIP.
Bucur, V. (2006). Acoustics of Wood. 2nd Edition. NewYork: Springer-Verlag Berlin Heidelberg.
Darling, N., & Steinberg, L. (1993). Parenting style as context: An integrative model. Psychological Bulletin, 113(3), 487–496. doi:https://doi.org/10.1037/0033-2909.113.3.487
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Panduan Bagi Orangtua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak. Bandung: Rosda.
Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.
Gallahue, D. L. (1982). Understanding Motor Development in Children. New York:: John willen and Sons.
Girsang, M. B., & H, R. (2021). Desain Permainan 3D Puzzle Dengan Bentuk Hewan Khas Kalimantan. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 9(1), 44 -51. doi:https://doi.org/10.46964/jkdpia.v9i1.148
Handoko, D. P., & Adiani, N. (2022). Pengembangan Desain Gerobak Pedagang Kopi Dengan Ikon Tugu Alun-Alun Kota Mojokerto. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 10(1). doi:https://doi.org/10.46964/jkdpia.v10i1.204
Johnson, R. B., & Christensen, L. B. (2008). The Management of KG Schools: The Case of Dilla University Community School
Miswanto, M. (2014). Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Kreativitas Siswa Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/245/
Pandit, I., & E, P. (2005). Penuntu Praktium Anatomi dan Identifikasi Kayu. Bogor: Departemen Teknologi Hasil Hutan. Fakultas Kehutanan IPB.
Piaget, J., & Inhelder, B. (1971). Mental Imagery in Child. New York: Basic Books.
Rasyid, H., & Mansyur. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.
Sujatmiko, G. (2023). 3xpose: Experience the Exposure of Expressions. Bandung Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII).
Utomo, A. M. F., & Setiawan, S. (2022). Mainan Edukasi Untuk Kegiatan Edukasi Hemat Energi "Earth Hour Bandung. Jurnal Desain Indonesia, 4(1).
Copyright (c) 2024 ALLESSANDRO TIOFANI, Kresno Soelasmono, Hedi Amelia Bella Cintya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Copyright on any article is retained by the author(s).
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- The article and any associated published material is distributed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License