KAJIAN DAMPAK POSITIF PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN MOTORIK ANAK

  • Allesandro Tiofani UNIVERSITAS SURABAYA
  • Kresno Soelasmono Universitas Surabaya
  • Hedi Amelia Bella Cintya Universitas Surabaya
Abstract views: 462 , PDF downloads: 175
Keywords: Puzzle, Pertumbuhan Anak, Kemampuan Spasial, Motorik, Kognitif

Abstract

Anak merupakan generasi penerus serta investasi masa depan bangsa sehingga pendidikan untuk anak usia dini sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap negara. Johnson (2008) mengemukakan bahwa bermain merupakan cara anak-anak belajar tentang diri sendiri dan dunia di mana mereka berada. Dalam proses bermain, anak-anak akan menguasai situasi secara akrab, dan mereka dapat belajar menguasai hal yang baru kecerdasan dan kepribadian mereka berkembang. Media permainan puzzle merupakan media permainan yang bisa menunjang anak dalam meningkatkan aspek kognitif, yaitu kemampuan pemecahan masalah dalam diri anak dengan gaya yang menyenangkan bagi anak usia dini. Yang dipilih adalah gerobak karena bentuknya memiliki ciri khas kehidupan sehari-hari ala budaya Indonesia dan mudah ditemui di sekitar kita. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa media permainan puzzle merupakan media permainan yang bisa menujang anak dalam meningkatkan aspek kognitif, yaitu kemampuan pemecahan masalah dalam diri anak dengan gaya yang menyenangkan bagi anak usia dini. Terdapat  beberapa manfaat dari bermain puzzle, hal ini sependapat dengan pernyataan Martuti (2008) terkait manfaat puzzle, yaitu: Meningkatkan keterampilan kognitif, meningkatkan keterampilan motorik halus, melatih koordinasi antara mata dan tangan, meningkatkan ketrampilan sosial, melatih logika, melatih kesabaran, dan memperluas pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Azizy, & A.Suciaty. (2010). Ragam Latihan Khusus Asah Ketajaman Otak Anak Plus Melejitkan Otak Daya Ingat. Jogjakarta: Diva Press.

Ardhianto, N. (2002). Kajian Pembuatan dan Penilaian Mutu GitarAkustik Menggunakan Kayu Mahoni (Swietenia mahagoni Jack.) dan Sonokeling (Dalbergia latifolia Roxb.). (S1). Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligence in the Classroom 3rd Edition: ASCD Member Book.

Barnadib, I. (1982). Arti dan metode sejarah pendidikan / Imam Barnadib. Yogyakarta: Yayasan penerbit FIP-IKIP.

Bucur, V. (2006). Acoustics of Wood. 2nd Edition. NewYork: Springer-Verlag Berlin Heidelberg.

Darling, N., & Steinberg, L. (1993). Parenting style as context: An integrative model. Psychological Bulletin, 113(3), 487–496. doi:https://doi.org/10.1037/0033-2909.113.3.487

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Panduan Bagi Orangtua dan Guru dalam Memahami Psikologi Anak. Bandung: Rosda.

Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: CV Pustaka Setia.

Gallahue, D. L. (1982). Understanding Motor Development in Children. New York:: John willen and Sons.

Girsang, M. B., & H, R. (2021). Desain Permainan 3D Puzzle Dengan Bentuk Hewan Khas Kalimantan. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 9(1), 44 -51. doi:https://doi.org/10.46964/jkdpia.v9i1.148

Handoko, D. P., & Adiani, N. (2022). Pengembangan Desain Gerobak Pedagang Kopi Dengan Ikon Tugu Alun-Alun Kota Mojokerto. Jurnal Kreatif: Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 10(1). doi:https://doi.org/10.46964/jkdpia.v10i1.204

Johnson, R. B., & Christensen, L. B. (2008). The Management of KG Schools: The Case of Dilla University Community School

Miswanto, M. (2014). Pengaruh Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Kreativitas Siswa Retrieved from http://repo.iain-tulungagung.ac.id/245/

Pandit, I., & E, P. (2005). Penuntu Praktium Anatomi dan Identifikasi Kayu. Bogor: Departemen Teknologi Hasil Hutan. Fakultas Kehutanan IPB.

Piaget, J., & Inhelder, B. (1971). Mental Imagery in Child. New York: Basic Books.

Rasyid, H., & Mansyur. (2009). Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima.

Sujatmiko, G. (2023). 3xpose: Experience the Exposure of Expressions. Bandung Aliansi Desainer Produk Industri Indonesia (ADPII).

Utomo, A. M. F., & Setiawan, S. (2022). Mainan Edukasi Untuk Kegiatan Edukasi Hemat Energi "Earth Hour Bandung. Jurnal Desain Indonesia, 4(1).

Published
2024-03-29
How to Cite
Tiofani, A., Soelasmono, K., & Bella Cintya, H. A. (2024). KAJIAN DAMPAK POSITIF PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN MOTORIK ANAK . Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 12(1). https://doi.org/10.46964/jkdpia.v12i1.678