DESAIN PRODUK HANTARAN PERNIKAHAN DARI SISA ROTAN INDUSTRI

  • Septiana Rizky Wulandari Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Ratna Puspitasari
Keywords: Desain, Hantaran Pernikahan, Rotan, Design, Marriage delivery, Rattan

Abstract

Abstrak

 Hantaran pernikahan adalah salah satu pemberian berupa barang sebagai bentuk penghormatan dari calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita, hal ini merupakan ungkapan rasa cinta dan tanggung jawab. Salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan produk hantaran pernikahan yaitu menggunakan rotan. Saat ini, rotan sendiri masih kurang diminati untuk produk hantaran sendiri. Rotan sendiri dipilih karena ingin menggunakan bahan yang saat ini banyak tersedia. Berdasarkan data tersebut, dipilihlah rotan untuk produk hantaran pernikahan. Peneliti melakukan penelitian yang berkaitan dengan pernikahan dan produk hantaran yang biasa digunakan. Dilakukan pengumpulan data dari literature, studi kasus dengan wawancara dan observasi dengan perusahaan dan ukm yang mengelola jasa hias hantaran, dan kompetitor dari produk rotan yang sudah ada. Setelah semua data terkumpul  dilakukan analisis data. Untuk mendapatkan sintesa desain, beserta dengan analisisnya. Jika sintesa dan konsep produk hantaran rotan sudah dilakukan, maka dimulai pembuatan alternatif desain untuk produk hantaran. Lalu setelah semua sudah dilakukan penelitian ini ditutup dengan kesimpulan dan saran.

 

Abstract

 Marriage delivery is one of the gifts in the form of goods as a form of respect from the prospective bridegroom to the prospective bride, this is an expression of love and responsibility. One of the materials used to make wedding delivery products is to use rattan. At present, rattan itself is still less desirable for its own delivery products. Rattan itself was chosen because it wants to use materials that are currently widely available. Based on these data, rattan was chosen for wedding delivery products. Researchers conduct research relating to marriage and delivery products that are commonly used. Data is collected from the literature, case studies with interviews and observations with companies and SMEs that manage delivery service, and competitors from existing rattan products. After all data is collected, data analysis is performed. To get the design synthesis, along with the analysis. If the synthesis and concept of rattan delivery products have been carried out, then the creation of alternative designs for delivery products will begin. Then after all have been done this research is closed with conclusions and suggestions.

References

Abdurachman, Jasni, Pari, R., & Kalima, T, (2018), Klasifikasi mutu 11 Jenis Rotan Indonesia Berdasarkan Kerapatan dan Keteguhan Lentur, Volume 36, hal:14.
Anggito Albi, Setiawan Johan (2018), Metodologi Penelitian Kualitatif, CV Jejak, Jawa Barat
http://rumahidaman87.blogspot.com/2012/12/ragam-motif-anyaman-rotan.html (Akses 28 Januari 2020)
Published
2020-10-08