Evaluasi Citra Destinasi dan Performa pada Website Resmi Pariwisata Indonesia dan Malaysia

  • Imam Syafganti Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Heri Setyawan Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
  • Sudarno Administrasi Niaga, Politeknik Negeri Jakarta, Indonesia
Abstract views: 143 , pdf downloads: 124
Keywords: Evaluasi website, performa website, website resmi pariwisata, Indonesia, Malaysia

Abstract

Abstrak

Berbagai destinasi mengelola situs web pariwisata resmi untuk mempromosikan citra destinasi mereka. Sebagai destinasi yang diharapkan dapat menghasilkan devisa dari bisnis pariwisata, Indonesia dan Malaysia memiliki situs resmi pariwisata untuk mempromosikan dan mengkomunikasikan destinasi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja website resmi pariwisata Indonesia dan Malaysia dalam konteks aspek visual destinasi yang ditampilkan melalui website dan selanjutnya membandingkan kinerja kedua situs web tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua situs web cenderung untuk memvisualisasikan citra destinasi yang serupa untuk target pasar mereka. Lebih jauh situs resmi pariwisata Indonesia ternyata berhasil memperoleh jumlah kunjungan dan pencarian organik yang lebih tinggi dari khalayak. Sebaliknya, situs web resmi pariwisata Malaysia berkinerja lebih baik dalam hal durasi kunjungan, jumlah halaman per kunjungan, dan bounce rate. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa situs web pariwisata resmi Indonesia cenderung menarik lebih banyak pengunjung asli yang mencari informasi spesifik dari situs web, namun mereka cenderung menghabiskan lebih sedikit waktu untuk menjelajahi situs tersebut. Sebaliknya, meski memiliki jumlah kunjungan yang rendah, website resmi pariwisata Malaysia cenderung berkinerja lebih baik dalam mempertahankan pengunjungnya dalam hal waktu yang dihabiskan pengunjung untuk menelusuri situs web. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa situs web resmi pariwisata Indonesia berhasil mendapatkan kuantitas kunjungan yang baik tetapi cenderung mengabaikan kualitas pengalaman pengunjungnya. Sebaliknya, situs resmi pariwisata Malaysia cenderung memberikan kualitas pengalaman yang lebih tinggi bagi pengunjungnya. Selain itu, kesimpulan dan rekomendasi praktis lainnya juga dirumuskan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Referensi

P. Picazo and S. Moreno-Gil, “Analysis of the projected image of tourism destinations on photographs: A literature review to prepare for the future,” J. Vacat. Mark., vol. 25, no. 1, pp. 3–24, 2017.

M. M. Mariani, M. Di Felice, and M. Mura, “Facebook as a destination marketing tool: Evidence from Italian regional Destination Management Organizations,” Tour. Manag., vol. 54, pp. 321–343, 2016.

C. R. Novabos, A. Matias, and M. Mena, “How Good is this Destination Website: A User-centered Evaluation of Provincial Tourism Websites,” Procedia Manuf., vol. 3, no. October, pp. 3478–3485, 2015.

S. Molinillo, F. Liébana-Cabanillas, R. Anaya-Sánchez, and D. Buhalis, “DMO online platforms: Image and intention to visit,” Tour. Manag., vol. 65, pp. 116–130, 2018.

M. A. Rodríguez-Molina, D. M. Frías-Jamilena, and J. A. Casta~neda-García, “The contribution of website design to the generation of tourist destination image: The moderating effect of involvement,” Tour. Manag., vol. 47, pp. 303–317, 2015.

D. Leung and A. Dickinger, “How friendly destination websites are for mobiles? A study of destination marketing organizations in the Asia Pacific region,” Asia Pacific J. Tour. Res., vol. 24, no. 12, pp. 1126–1140, 2019.

Y. Yaemsuksawat, “ASEAN Tourism Management for High-End Tourists,” Ph.D. Soc. Sci. J., vol. 11, no. 2, pp. 310–320, 2021.

Himanshu and Jeannie, “Evaluation of Official Tourism Websites of South East Asian Nations (ASEAN) using the Balanced Score-Card Approach,” Int. J. Hosp. Tour. Syst., vol. 8, no. 2, pp. 64–73, 2015.

ICCA, “ICCA Statistics Report Country & City Rankings,” 2020.

V. V. Putri, “Analysis of Nation Branding Indonesia and Malaysia,” Universitas Gadjah Mada, 2020.

V. Sirisuthikul, “Evaluation of Official Tourism Websites of ASEAN Destinations,” vol. 4, no. 9, pp. 496–498, 2019.

I. Syafganti, S. Ramadanty, and M. Walrave, “The consistency of projected online destination images: comparing the official websites and Instagram accounts of main destinations in Southeast Asia,” J. Place Manag. Dev., 2022.

UN World Travel Organization, “International Tourism Highlights,” 2020.

S. Stepchenkova and F. Zhan, “Visual destination images of Peru: Comparative content analysis of DMO and user-generated photography,” Tour. Manag., vol. 36, pp. 590–601, 2013.

C. H. C. Hsu and H. Song, “A Visual Analysis of Destinations in Travel Magazines,” J. Travel Tour. Mark., vol. 31, no. 2, pp. 162–177, 2014.

A. Nugroho, “ASEAN tourism marketing communication attribute: An exploratory research at goaseantv,” Eur. Res. Stud. J., vol. 20, no. 3, pp. 383–395, 2017.

Published
2024-01-01
How to Cite
Syafganti, I., Setyawan, H., & Sudarno. (2024). Evaluasi Citra Destinasi dan Performa pada Website Resmi Pariwisata Indonesia dan Malaysia. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 5(02), 345-354. https://doi.org/10.53050/ejtr.v5i02.703