Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Berkunjung di Pantai Panrita Lopi Muara Badak

  • Rini Koen Iswandari Jurusan Pariwisata /Program Studi D4 Usaha Perjalanan Wisata, Politeknik Negeri Samarinda,Indonesia
  • Musdalifah Jurusan Pariwisata /Program Studi D3 Pariwisata, Politeknik Negeri Samarinda,Indonesia
  • Evi Setiyowati Jurusan Pariwisata /Program Studi D3 Pariwisata, Politeknik Negeri Samarinda,Indonesia
Abstract views: 21 , pdf downloads: 16
Keywords: Media Sosial, Destinasi Wisata, Keputusan Berkunjung

Abstract

Pantai Panrita Lopi di Kalimantan Timur merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu di Pulau Pangempang dan untuk dapat mengunjungike destinasi wisata ini hanya dapat diakses dengan menggunakan kapal kecil yang berkapasitas sekitar 10 sampai dengan 15 orang. Keindahan pantai ini yang dikelilingi pohon pinus menawarkan suasana teduh yang belum tentu bisa didapatkan dari destinasi lain, beberapa jenis aktivitas yang dapat dilakukan di pantai tersebut antara lain seperti memancing, camping, dan berbelanja kerajinan lokal. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 82 responden yang pernah mengunjungi pantai ini, dengan hasil menunjukkan bahwa semua responden menggunakan media sosial, terutama Instagram, untuk berbagi pengalaman.

Hasil analisis menunjukkan bahwa media sosial memiliki peran penting dimana hasilnya menunjukkan tingkat signifikan dalam mempengaruhi untuk mengambil keputusan pengunjung untuk datang, dengan kontribusi sebesar 59,9%. Uji validitas dan reliabilitas kuisioner juga dilakukan dalam rangka untuk menunjukkan bahwa instrumen penelitian dapat dipercaya. Media sosial tidak hanya memudahkan akses informasi dan interaksi, tetapi juga memiliki dampak yang bisa memperkuat komunitas di sekitar destinasi wisata ini khususnya di Pantai Panrita Lopi Muara Badak. Selain itu juga dengan adanya pengalaman positif yang dibagikan oleh pengunjungnya melalui media sosial berpotensi menarik lebih banyak pengunjung, menjadikan Pantai Panrita Lopi sebagai pilihan wisata yang menarik.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Feri Sulianta, Keajaiban Sosial Media Fantasi Menumbuhkan Visitor, Circle, Likes, Koneksi, Retweet, dan Follower. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.

B. Juni, S. Ulfa Simamora, and L. Syafina, “Surplus : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Pengaruh Media Sosial Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Pantai Pandan,” vol. 1, pp. 298–312, 2023.

S. Irawan, “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 7, no. 1, p. 39, 2017, doi: 10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p39-48.

Nasrullah Ruli, “Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi,” Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015.

N. D. Kurnia, R. C. Johan, and G. Rullyana, “Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di Upt Perpustakaan Itenas,” Edulib, vol. 8, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.17509/edulib.v8i1.10208.

N. Istiani and A. Islamy, “Fikih Media Sosial Di Indonesia,” Asy Syar’Iyyah J. Ilmu Syari’Ah Dan Perbank. Islam, vol. 5, no. 2, pp. 202–225, 2020, doi: 10.32923/asy.v5i2.1586.

N. Ainiyah, “Media Sosial Sebagai Media Informasi,” vol. 2, no. April, pp. 221–236, 2018.

H. Siregar, “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila,” Pancasila J. Keindonesiaan, no. 1, pp. 71–82, 2022, doi: 10.52738/pjk.v2i1.102.

Tenia Hilda, Pengertian Media Sosial. 2017.

Kotler dan Amstrong, Prinsip-Prinsip Marketing. 2018.

Published
2024-12-03
How to Cite
Rini Koen Iswandari, Musdalifah, & Evi Setiyowati. (2024). Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Berkunjung di Pantai Panrita Lopi Muara Badak. EDUTOURISM Journal Of Tourism Research, 6(02), 11-28. https://doi.org/10.53050/ejtr.v6i02.1152