Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Berkunjung di Pantai Panrita Lopi Muara Badak
Abstract
Pantai Panrita Lopi di Kalimantan Timur merupakan salah satu destinasi wisata yang memiliki keunikan tersendiri. Pantai ini terletak di Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu di Pulau Pangempang dan untuk dapat mengunjungike destinasi wisata ini hanya dapat diakses dengan menggunakan kapal kecil yang berkapasitas sekitar 10 sampai dengan 15 orang. Keindahan pantai ini yang dikelilingi pohon pinus menawarkan suasana teduh yang belum tentu bisa didapatkan dari destinasi lain, beberapa jenis aktivitas yang dapat dilakukan di pantai tersebut antara lain seperti memancing, camping, dan berbelanja kerajinan lokal. Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 82 responden yang pernah mengunjungi pantai ini, dengan hasil menunjukkan bahwa semua responden menggunakan media sosial, terutama Instagram, untuk berbagi pengalaman.
Hasil analisis menunjukkan bahwa media sosial memiliki peran penting dimana hasilnya menunjukkan tingkat signifikan dalam mempengaruhi untuk mengambil keputusan pengunjung untuk datang, dengan kontribusi sebesar 59,9%. Uji validitas dan reliabilitas kuisioner juga dilakukan dalam rangka untuk menunjukkan bahwa instrumen penelitian dapat dipercaya. Media sosial tidak hanya memudahkan akses informasi dan interaksi, tetapi juga memiliki dampak yang bisa memperkuat komunitas di sekitar destinasi wisata ini khususnya di Pantai Panrita Lopi Muara Badak. Selain itu juga dengan adanya pengalaman positif yang dibagikan oleh pengunjungnya melalui media sosial berpotensi menarik lebih banyak pengunjung, menjadikan Pantai Panrita Lopi sebagai pilihan wisata yang menarik.
Downloads
References
Feri Sulianta, Keajaiban Sosial Media Fantasi Menumbuhkan Visitor, Circle, Likes, Koneksi, Retweet, dan Follower. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2015.
B. Juni, S. Ulfa Simamora, and L. Syafina, “Surplus : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Pengaruh Media Sosial Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Pantai Pandan,” vol. 1, pp. 298–312, 2023.
S. Irawan, “Pengaruh Konsep Diri Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 7, no. 1, p. 39, 2017, doi: 10.24246/j.scholaria.2017.v7.i1.p39-48.
Nasrullah Ruli, “Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi,” Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2015.
N. D. Kurnia, R. C. Johan, and G. Rullyana, “Hubungan Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dengan Kemampuan Literasi Media Di Upt Perpustakaan Itenas,” Edulib, vol. 8, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.17509/edulib.v8i1.10208.
N. Istiani and A. Islamy, “Fikih Media Sosial Di Indonesia,” Asy Syar’Iyyah J. Ilmu Syari’Ah Dan Perbank. Islam, vol. 5, no. 2, pp. 202–225, 2020, doi: 10.32923/asy.v5i2.1586.
N. Ainiyah, “Media Sosial Sebagai Media Informasi,” vol. 2, no. April, pp. 221–236, 2018.
H. Siregar, “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Sosialisasi Pancasila,” Pancasila J. Keindonesiaan, no. 1, pp. 71–82, 2022, doi: 10.52738/pjk.v2i1.102.
Tenia Hilda, Pengertian Media Sosial. 2017.
Kotler dan Amstrong, Prinsip-Prinsip Marketing. 2018.
Copyright (c) 2024 Musdalifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- The author (s) keeps copyright on any article.
- The author grants the journal, right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal.
- Authors can enter separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
- We distributed the article, and any associated published material under the Creative Commons Attribution-Share alike 4.0 International License