BUKU PENGEMBANGAN DIRI SEBAGAI MEDIA ART AS THERAPY (STUDI KASUS: BUKU “NANTI KITA CERITAa TENTANG HARI INI”)

  • Yulianti Mayank Sari Institut Teknologi Bandung
  • Riama Maslan Sihombing
  • Irma Damajanti
Abstract views: 685 , pdf downloads: 654
Keywords: art as therapy, buku pengembangan diri, desain visual

Abstract

Abstrak
Bidang seni rupa dan desain tidak hanya sebatas pada aspek estetik, bila digali lebih dalam sebuah karya seni rupa dan desain memiliki manfaat pada aspek psikologis. Filsuf Alain de Botton mengatakan bahwa seni memiliki efek terapeutik dengan memanfaatkan kelemahan psikologis manusia dan menjadikannya sebagai kekuatan, yaitu remembering, hope, sorrow, rebalancing, self-understanding, growth, dan appreciation yang memiliki manfaat pada kesehatan mental. Buku ‘Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini’ atau disingkat ‘NKCTHI’ dijadikan studi kasus dalam menganalisis buku pengembangan diri bergambar sebagai media art as therapy. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan sebagai metode dalam membedah buku tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi literatur terkait dan observasi baik offline maupun online. Studi literatur yang digunakan beracuan pada teori Art as Therapy oleh Alain de Botton (2013). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Membuktikan apakah teori tersebut dapat diterapkan pada buku NKCTHI. Dapat disimpulkan bahwa hasil observasi pembaca buku NKCTHI memenuhi aspek-aspek terapeutik sebagai media art as therapy.
Kata kunci : art as therapy, buku pengembangan diri, desain visual

Downloads

Download data is not yet available.

References

1) Botton, Alain., dan Armstrong. 2013. Art as Therapy. London: Phaidon
2) Marchella, P. 2018. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia
3) Sarwono, J., dan Lubis 2007. Metode Riset untuk Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Penerbit ANDI
4) 6 Fakta yang Mengiringi Larisnya Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, Penulis Fransisca Desfourina, data diperoleh melalui situs internet: https://www.gramedia.com/blog/fakta-di-balik-larisnya-buku-nanti-kita-cerita-tentang-hari-ini-marchella-fp/#gref.
Diunduh pada tanggal 31 Oktober 2018.
5) Book Review: Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini Karya Marchella FP, Penulis Sintia Astarina, data diperoleh melalui situs internet: https://www.sintiaastarina.com/nanti-kita-cerita-tentang-hari-ini-marchella-fp/. Diunduh pada tanggal 1 November 2018.
6) Instagram Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, data diperoleh melalui situs internet: https://www.instagram.com/nkcthi/?hl=id Diunduh pada tanggal 20 Januari 2019.
7) Review Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini by Marchella FP, data diperoleh melalui situs internet:https://www.goodreads.com/book/show/42435393-nanti-kita-cerita-tentang-hari-ini Diunduh pada tanggal 20 Juli 2019.
8) YouTube Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, data diperoleh melalui situs internet: https://www.youtube.com/channel/UC0i3VDgRlxLBZIMSSNSbw-Q Diunduh pada tanggal 20 Januari 2019.
Published
2020-03-26
How to Cite
Sari, Y. M., Sihombing, R. M., & Damajanti, I. (2020). BUKU PENGEMBANGAN DIRI SEBAGAI MEDIA ART AS THERAPY (STUDI KASUS: BUKU “NANTI KITA CERITAa TENTANG HARI INI”). Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 7(1). https://doi.org/10.46964/jkdpia.v7i1.15