REDESAIN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM MANDIRI

  • Nathasya Watulingas Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Hamdan Bahalwan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Abstract views: 119 , pdf downloads: 75
Keywords: Desain, Interface, Self Service, SPBU

Abstract

SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum) merupakan prasarana umum yang disediakan untuk masyarakat luas, guna memenuhi kebutuhan bahan bakar. Untuk meningkatkan efisiensi perusahan dan memperbaiki kualitas layanan, Pertamina menawarkan beberapa layanan di SPBU, salah satunya penerapan konsep self service atau pelayanan mandiri. Konsep ini menjadi persoalan ketika banyak pengendara yang tidak mengetahui cara mengoperasikan gagang selang bensin, sehingga antrian berjalan lambat. Kelemahan lainnya, dengan konsep self service yakni pengendara tidak dapat lagi mengisi bensin full tank, karena sebelum mengisi tangki pengendara terlebih dahulu menentukan berapa jumlah pembelian Perancangan ini bertujuan mengubah tampilan desain guna mempermudah pengguna stasiun pengisian bahan bakar tersebut. Perancangan ini menggunakan metode psikologi desain untuk mendapatkan sebuah solusi baru tentang permasalahan yang ada, dengan menganalisis kebiasaan pengguna dalam mengoperasikan dispenser dan melakukan analisis paper prototyping. Hal ini bertujuan untuk mendapatkan desain interface yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dengan adanya permasalahan yang dihadapi tersebut maka, akan ditelaah lebih lanjut korelasi antara dispenser SPBU dengan cara orang menggunakannya. Sehingga dengan didapatkannya hasil tersebut diharapkan agar pengguna menjadi lebih mudah dalam melakukan pengisian bahan bakar di SPBU.

Downloads

Download data is not yet available.

References

R. D. Pradikta, "Rancang Bangun Simulasi SPBU Mandiri Menggunakan Air Dengan Sistem Prabayar Berbasis Smart Card. Jurusan Teknik Elektronika PENS - ITS," Teknik Elektro, Politeknik Elektro Negeri Surabaya, Surabaya, 2010.

S. W. Jung, "Self-Service Model Considering Learning Effect: Self-Service Gas Station," 2012.

T. Rachman, "Perancangan Fasilitas Fisik Operator SPBU dengan Pendekatan Ergonomi untuk Mengurangi Beban Kerja," Teknik Industri, Universitas Negeri Sebelas Maret, Surakarta, 2010.

Y. A. Wulandari, "Pengaruh Interpersonal Service Quality Dan Self Service Technology Service Quality Terhadap Customer Satisfaction Dengan Perceived Value Sebagai Variabel Intervening Pada Pelayanan Statistik Terpadu (Pst) ", Semarang, 2019: Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah.

H. Bahalwan, "Kajian Psikologi Desain, Desain Interface Speedometer Sepeda Motor Metik, Tentang Pengaruh Cara Orang Berkendara," Jurnal IPTEK, vol. 22, no. 2, p. 10, 2018, doi: https://doi.org/10.31284/j.iptek.2018.v22i2.448

Published
2022-09-05
How to Cite
Watulingas, N., & Bahalwan, H. (2022). REDESAIN STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM MANDIRI. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 10(2), 6. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v10i2.213