PERANCANGAN VISUAL BRANDING BLASTERAN CAFFE SAMARINDA

  • Fulkha Tajri M Institut Teknologi Kalimantan
  • Olivia Febrianty Ngabito Institut Teknologi Kalimantan
  • Sasferi Yendra Institut Teknologi Kalimantan
Abstract views: 153 , pdf downloads: 168
Keywords: blasteran caffe, visual branding, indentitas

Abstract

Abstrak

 

Blasteran Caffe merupakan sebuah caffe yang berdiri sejak tahun 2017 di Samarinda. Proses perancangan visual branding ini dilakukan untuk memunculkan kembali identitas Blasteran Caffe yang memiliki menu yang berbeda dari kompetitor, memiliki brand selain makanan dan minuman yakni berupa sabun cair yang dipergunakan untuk mencuci piring/gelas dan pakaian (handmade) serta perluasan segmen pasar yang ada dilingkungan masyarakat sekitar yang mayoritas mahasiswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT guna mendapatkan visual yang sesuai dengan konsep Blasteran Caffe. Kegiatan tersebut meliputi : konsep visual (typografi, warna, elemen grafis), kemudian diaplikasikan dalam bentuk foto produk, buku menu, stiker dan penanda lokasi (signed). Visual branding yang dilakukan ini diharapkan mendapatkan efek lebih dalam mencitrakan indentitas baru dari Blasteran Caffe Samarinda dengan kesan yang simpel, elegan dan mudah diingat oleh konsumen khususnya dilingkungan Blasteran Caffe itu sendiri.

 

Kata Kunci : Blasteran Caffe, Visual Branding, Indentitas,

Downloads

Download data is not yet available.

References

“Google Fonts.” Faustina. Diakses 18 September 2022. Dari https://fonts.google.com/specimen/Faustina

“Makna Psikologi Warna.” Ensiklo. Diakses 19 September 2022. Dari https://ensiklo.com/2014/10/29/makna-psikologi-warna/

Hardilawati, W. L. (2020, Juni). Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10(No. 1).

Kotler, Philip, and Waldemar Pfoertsch. (2010). Ingredient Branding. Berlin Heidelberg: SpringerVerlag.

Maryati, 2010. Statistika Ekonomi dan Bisnis, Edisi Revisi Cetakan Kedua Yogyakarta (UPP) AMPYKPN.

Samodro. (2018). Upaya Meningkatkan Daya Tarik Produk Makanan Dan Minuman Oleh-Oleh Di Tempat Destinasi Wisata Melalui Kajian Tanda Pada Desain Kemasan. Widyakala, 5(1), 66–76. Retrieved from http://www.ojs.upj.ac.id/index.php/journal_widya/article/view/102/50

Silfania, S. (2019). Hubungan Daya Tarik Dan Minat Beli Masyarakat Muslim Terhadap Pencantuman Lebel Halal (Studi Kasus Bakso Pak Mien Bogor). Al Amwal (Hukum Ekonomi Syariah), 1(2), 100–117. Retrieved from http://ojs.staibhaktipersada- bandung.ac.id/index.php/Alamwal/article/view/20

Wheeler, Alina. (2006). Designing Brand Identity : A Complete Guide to Creating, Building, and Maintaining Strong Brands. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Published
2023-01-21
How to Cite
Fulkha Tajri M, Ngabito, O. F., & Yendra, S. (2023). PERANCANGAN VISUAL BRANDING BLASTERAN CAFFE SAMARINDA. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 11(1), 9. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v11i1.279