PERANCANGAN KEMASAN IKAN TERI CRISPY DENGAN PENEKANAN PADA KONSEP RE-USABILITY

  • Ditha Nizaora Politeknik Negeri Samarinda
  • Royke Vincentius F Politeknik Negeri Samarinda
  • Ramadhan S. Pernyata Politeknik Negeri Samarinda
Abstract views: 255 , pdf downloads: 322
Keywords: perancangan, kemasan, ikan teri crispy, re-usability

Abstract

Abstract

MSME products in Teluk pandan Village, East Kutai Regency, which have developed very rapidly are not supported by good packaging. Whereas in addition to containers or packaging of food products, packaging also has an important role ini efforts to maintain food quality, safety, and increase product attractiveness. This study aims to design a Crispy Anchovy package in Teluk Pandan Village. The design method applied refers to the Vinod Goel design method which uses 3 stages, namely preliminary design, development design, and final design. The design emphasizes the concept of re-usability, where packages that have run out of contents, the package can be reused with different functions. The design of Crispy Anchovy packaging is expected to be able to attract consumers through the new packaging, by making packaging as a promotional medium, so as to increase the selling value of Crispy Anchovy products.

 

Keywords: Design, Packaging, Crispy Anchovy, Re-usability

 

Abstrak

Produk UMKM di Desa Teluk Pandan, Kabupaten Kutai Timur, yang sudah sangat berkembang pesat tidak didukung dengan kemasan yang baik. Padahal selain untuk wadah atau pembungkus produk pangan, kemasan juga memiliki peranan penting dalam upaya mempertahankan mutu dan keamanan pangan serta meningkatkan daya tarik produk Penelitian ini bertujuan untuk membuat rancangan kemasan Ikan Teri Crispy di Desa Teluk Pandan. Metode perancangan yang diterapkan mengacu pada metode perancangan Vinod Goel yang menggunakan 3 tahapan yakni preliminary design, desain development, dan final design. Rancangan yang dibuat menekankan pada konsep re-usability, dimana kemasan yang sudah habis isinya dapat dimanfaatkan kembali dengan fungsi yang berbeda. Perancangan kemasan Ikan Teri Crispy diharapkan mampu menarik konsumen melalui kemasan yang baru, dengan mejadikan kemasan sebagai media promosi, sehingga dapat meningkatkan nilai jual produk Ikan Teri Crispy.

 

Kata Kunci : Perancangan, Kemasan, Ikan Teri Crispy, Re-usability

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Cenadi, Christine Suharto (2000). Peranan Kemasan dalam Dunia Pemasaran, Jurnal Nirmana, Vol. 2, No.1, pp.92-103.
[2] Andrean, Roqi Asrori, dkk (2017). Desain kemasan dari Anyaman Bambu dan Pengaruh Terhadap Bobot, Tekstur, dan Warna Jaje Gambir, Jurnal Beta, Vol. 5, No. 1, pp. 171-180.
[3] Rahardjo, Sudjadi Tjipto (2019). Desain Grafis Kemasan UMKM. Deepublish, Yogyakarta
[4] Kusumaningayu, Intan, Anndarita Rolalisasi, Ian Kurniawan Leksono Eko Cahyo, Mochammad Rizal Kurniawan (2020). Re-Desain Kemasan sebagai Strategi Peningkatan Omset pada UMKM Pia “Mahen” di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Prosiding Seminar Nasional Konsorsium Untag Indonesia ke-2, ISBN: 978-623-96163-2-8, pp. 111-118.
[5] Ghoel, Vinod (1995). Sketches of thought. MIT Press, Cambridge, MA.
[6] Fitriani, Rohyana, Nur Adiyah Yuliastri, Rabihatun Adawiyah (2020). Pelatihan Pengolahan Sampah Melalui Metode 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) di Desa Mujur Praya Timur, Jurnal Abdi Populika, Vol. 02, No. 1, pp 7-16.
Published
2023-02-09
How to Cite
Nizaora, D., F, R. V., & Pernyata, R. S. (2023). PERANCANGAN KEMASAN IKAN TERI CRISPY DENGAN PENEKANAN PADA KONSEP RE-USABILITY. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 11(1), 5. https://doi.org/10.46964/jkdpia.v11i1.292