DESAIN SEBAGAI PRODUK DAN PRAKTIK DAN RELASINYA DENGAN MEDIA DALAM INDONESIA 4.0

  • Adi Surahman UNIVERSITAS PASUNDAN BANDUNG
Abstract views: 297 , pdf downloads: 222
Keywords: Product Design, Design Practices, Media in Design, Indonesia 4.0

Abstract

ABSTRAK

 Komunikasi sebagai sebuah proses penyampaian pesan dari komunikator (penyampai pesan) pada komunikan (penerima pesan) untuk mencapai kesamaan makna merupakan salah satu kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial yang pada hakikatnya memerlukan berinteraksi antara satu dengan yang lainnya. Dalam proses komunikasi, interaksi ini dapat terjadi pada beragam tatanan. Beragam tatanan komunikasi sebagai bentuk interaksi manusia terdiri dari intrapersonal, interpersonal, kelompok kecil (small group), komunikasi publik, dan komunikasi massa. Klasifikasi tatanan komunikasi tersebut dilakukan berdasar pada jumlah orang yang terlibat dalam proses komunikasi; yang menempatkan komunikasi massa menjadi tatanan komunikasi yang melibatkan banyak orang, tersebar dan memiliki tingkat diferensiasi yang tinggi. Dalam komunikasi massa, secara konvensional, media yang lazim digunakan terklasifikasi dalam media cetak (surat kabar dan majalah) dan media elektronik (radio dan televisi). Artikel ini akan membahas kajian pustaka menggunakan Analisis Dokumentasi untuk mengidentifikasi potensi pengembangan Desain sebagai produk dan praktik dan relasinya dengan media di era Indonesia 4.0. Dalam hal ini, pendidikan tinggi desain berperan sebagai saluran pengayaan wawasan bagi mahasiswa untuk dapat memahami konsep yang kuat dan integratif dalam kaitannya menghadapi tuntutan kebutuhan Desain di Revolusi Industri 4.0.

Kata kunci: Produk Desain, Praktik Desain, Media dalam Desain, Indonesia 4.0

 

ABSTRACT

 Communication as a process of delivering messages from the communicator (messenger) to the communicant (the recipient of the message) to achieve the same meaning is one of human needs as a social being which essentially requires interacting with one another. In the process of communication, this interaction can occur in a variety of settings. Various communication arrangements as a form of human interaction consist of intrapersonal, interpersonal, small groups (small groups), public communication, and mass communication. The classification of the communication order is carried out based on the number of people involved in the communication process; which puts mass communication  into a communication system that involves many people, spreads and has a high degree of differentiation. In mass communication, conventionally, media commonly used are classified in print media (newspapers and magazines) and electronic media (radio and television). This article will discuss literature review using Documentation Analysis to identify potential development of Design as a product and practice and its relationship with the media in the Indonesian era 4.0. In this case, design higher education plays a role as an insight enrichment channel for students to be able to understand a strong and integrative concept in relation to the demands of design in the Industrial Revolution 4.0.

Keyword: Product Design, Design Practices, Media in Design, Indonesia 4.0

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fiske, J. (1990). Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Yogyakarta: Jalasutra.
Katz, H. (2003). The Media Handbook: A Complete Guide To Advertising, Media Selection, Planning, Research, and Buying, Second Edition. London: Lawrence Erlbaum Associates Publishers.
Laughey, D. (2007). Key Themes in Media Theory. New York: Open University Press. McLuhan, M. (1964). Understanding Media. New York: Gingko Press Inc. .
Ricoeur, P. (1983). Time and Narrative, vol. 1, translate K. Mclaughlin and D. Pellauer. Chicago: University of Chicago Press.
Uchjana, O. (2000). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Published
2020-03-26
How to Cite
Surahman, A. (2020). DESAIN SEBAGAI PRODUK DAN PRAKTIK DAN RELASINYA DENGAN MEDIA DALAM INDONESIA 4.0. Jurnal Kreatif : Desain Produk Industri Dan Arsitektur, 6(1). https://doi.org/10.46964/jkdpia.v6i1.30